Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tombol Share Media Sosial di Blog

Tombol share media sosial di blog bisa mendatangkan pengunjung. Pasalnya, adanya tombol share ini bisa memudahkan pengunjung untuk membagikan artikelnya ke yang lain. Terlebih bila dibagikan ke media sosial milik mereka. Potensi kliknya menjadi lebih besar.

cara membuat tombol share media sosial di blog

Namun, tidak semua template sudah memiliki tombol share media sosial ini. Ada yang sudah tersedia. Ada pula yang belum dan kita harus memasangnya sendiri jika ingin. Bagaimana cara membuatnya? Simak berikut panduan AneIqbal secara step by step.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, tidak ada salahnya untuk mengecek panduan kami yang lainnya setelah dari sini. Berikut di antaranya; jump break blogger, cara membuat recent post, dan widget pengunjung blog.


Langkah-langkah cara membuat tombol share di blog

1. Login ke Blogger.com lalu ke menu Template

Sudah pasti dong langkah pertamanya yaitu login terlebih dahulu ke Blogger.com. Setelah itu pilih menu Template. Jika sudah, klik ikon panah ke bawah (tepat di samping tombol CUSTOMIZE) kemudian klik Edit HTML.

2. Cari kode <data:post.body/>

Kalau sudah klik Edit HTML tadi, kita akan masuk ke halaman template editor. Di sinilah kita akan menambahkan script tombol share yang posisinya tepat di bawah postingan.

Agar tepat berada di postingan, kita juga harus tepat meletakkan script tombol share-nya. Karena kalau nggak tepat, malah jadi berantakan. So, hati-hati kalau main di editor template ini.

Pakai kombinasi tombol Ctrl+F lalu ketik <data:post.body/> di kolom search template editor yang muncul. Sudah ketemu kah?

membuat tombol share di blog

Kalau ternyata ditemukan ada 2 script tersebut, pilih yang ke-2 untuk meletakkan script tombol share-nya.

3. Letakkan script tombol share-nya

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan script tombol share-nya. Copas script berikut lalu letakkan di bawah <data:post.body/>..

<div class='addthis_toolbox addthis_default_style '>
  <a class='addthis_button_facebook_like' fb:like:layout='button_count'/>
  <a class='addthis_button_tweet'/>
  <a class='addthis_button_google_plusone' g:plusone:size='medium'/>
  <a class='addthis_counter addthis_pill_style'/>
</div>

<script type="text/javascript" src="//s7.addthis.com/js/300/addthis_widget.js#pubid=ra-55e8670d20d71d58" async="async"></script>

Maka, nanti akan jadi seperti gambar berikut.

Cara Menambahkan Tombol Share di Bawah Postingan (Khusus Blogger)

Terakhir, klik Simpan template.

cara membuat tombol share di blog

Selesai sudah cara membuatnya. Sekarang, tinggal lihat bagaimana hasilnya di salah satu postingan blog Anda. Apakah sudah ada atau belum seperti tampilan berikut.

membuat tombol share di blog

Membuat tombol share di blog cukup mudah dilakukan bukan? Walaupun demikian, tetap butuh ketelitian dan sedikit kesabaran agar tidak ada kesalahan typo dan lainnya sehingga tombol share muncul tanpa ada masalah.

Sebelum beranjak dari sini, silakan cek juga panduan kami yang lainnya; cara membuat favicon online, membuat related post di blogspot, dan blogger syntax highlighting. Demikian pembahasan kali ini tentang cara menambahkan tombol share di blog dan semoga Anda juga berhasil memasangnya.

2 komentar untuk "Cara Membuat Tombol Share Media Sosial di Blog"

Silakan berkomentar dengan kalimat yang bijak.