Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18+ Kata Bijak Bahasa Jerman yang Bisa Membuat Kamu Bersemangat

Berawal dari keisengan mencari kata bijak berbahasa Jerman untuk status profile WhatsApp, dapatlah ide untuk menuliskan kata-kata bijak berbahasa Jerman yang ditemukan di "mbah google" di blog ini. Simak terus hingga akhir postingan ya.

kata bijak bahasa jerman

Kenapa bahasa Jerman? supaya lebih keren dan kece, nggak mainstream dengan bahasa Inggris atau Indonesia melulu. Memang sih belum tau artinya, tapi dengan bantuan Google Translate, jadi tahu deh artinya. Sehingga dapat dipahami makna dari kata-kata bijak tersebut.

Apa saja kata-kata bijak berbahasa Jerman yang ditemukan? Berikut kata-katanya.

1. Pentingnya komunikasi

Die einzige Möglichkeit, Menschen zu motivieren, ist die Kommunikation. (Lee Iacocca)
Satu-satunya hal yang memungkinkan untuk memotivasi seseorang adalah komunikasi.

Ketika kamu mulai merasa kehilangan semangat, mau ngapa-ngapain rasanya berat, inginnya santai aja, padahal ada tanggungjawab yang menunggu. Itu tandanya kamu perlu dorongan atau motivasi lagi supaya bisa gerak lagi.

Nah, salah satu caranya supaya dapat motivasi dan bersemangat kembali adalah dengan ngobrol dengan teman terdekat kamu, teman yang paling akrab, dan sangat bisa dipercaya. Coba komunikasikan kegelisahan kamu ke dia supaya kamu punya perspektif atau sudut pandang lain.

2. Bangkit dari Kegagalan

Ohne dass einmal etwas schief ging, ist nie einer Meister geworden. (NN)
Tanpa suatu kegagalan, maka tidak akan ada seorang juara.

Tanpa suatu kegagalan, artinya tidak ada sebuah proses atau pergerakan yang dilakukan. Apakah yang seperti itu bisa menjadi seorang juara? Mungkin bisa namun sepertinya juaranya yang tidak kokoh. Cepat muncul, cepat hilang.

Kegagalan adalah suatu fase, bukan akhir dari segalanya. Jatuh, bangun. Jatuh lagi, ya bangun lagi. Gampang diucapin sih memang. Tapi, kenapa nggak coba lagi aja?


3. Bergerak untuk Meraih Mimpi

Manche Menschen träumen vom Erfolg. Andere sind wach und arbeiten hart daran. (NN)
Beberapa orang hanya memimpikan keberhasilan, tapi beberapa  yang lain terbangun dan bekerja keras untuk meraih keberhasilan tersebut.

Ada sepatah kalimat yang cukup populer di dunia maya "Tidur melanjutkan mimpi atau bangun mengejar mimpi?" Jadi mau sampai kapan terus melanjutkan mimpi aja? Kapan mau dikejar mimpinya?

4. Rehat Itu Penting

Faulheit ist die Angewohnheit, sich auszuruhen, bevor man müde ist. (Jules Renard)
Kemalasan adalah kebiasaan, beristirahat sebelum merasa lelah.

5. Luaskan Pandangan

Mach die Augen zu, dann siehst du weiter! (NN)
Bukalah matamu dan kau akan terus melihat!

Membuka mata dengan yang ada di sekitar bisa jadi sangat baik untuk kamu. Kamu jadi memiliki pandangan yang luas karena melihat berbagai hal dari segala sudut pandang. Pandangan luas dapat membantu kamu menjalani hidup menjadi lebih baik dan tenang.

6. Lakukan yang Terbaik

Was wir heute tun, entscheidet darüber, wie die Welt von Morgen aussieht. (Marie von Ebner-Eschenbach)  
Apa yang kita lakukan hari ini, adalah cerminan hari esok.

Hari ini kita adalah cerminan dari hari kemarin. Betul apa betul? Melakukan yang terbaik adalah salah satu cara untuk membuat cerminan yang bagus di hari esok. Sehingga tiada penyesalan lagi ketika waktu hari esok tiba di depan mata.


7. Berjuang untuk Sesuatu yang Berharga

Kämpfe für das was dir wichtig ist, aber Kämpfe um nichts, was es nicht Wert ist. (NN)
Berjuanglah untuk sesuatu yang penting, dan jangan berjuang untuk sesuatu yang tidak penting.

Rasanya memperjuangkan sesuatu yang nggak penting tuh percuma dan buang-buang waktu, tenaga, pikiran, bahkan dana. Semua terasa nggak berbekas karena nggak ada impact yang tercipta. Melakukan yang penting dapat menjadii suatu impact yang dapat berdampak bagi diri sendiri maupun orang lain. Berbekas dan bermanfaat.

8. Bersabar dalam Kesulitan

Hab Geduld, alle Dinge sind schwierig, bevor sie leicht werden. (NN)
Bersabarlah, segala sesuatu memang sulit, sebelum dia menjadi mudah.

Sabar adalah salah satu cara bertahan menghadapi kesulitan yang hadir dalam hidup. Yakinkan kalau diri kamu kuat dan bisa melalui ini semua. Karena di setiap ada kesulitan, pasti ada kemudahan yang menyertai juga.

9. Jangan Cepat Merasa Puas

Unzufriedenheit ist der erste Schritt zum Erfolg. (Oscar Wilde)
Ketidakpuasan adalah langkah pertama menuju kesuksesan.

Cepat merasa puas bisa menjadikan diri kamu berhenti berkembang. Stop. Tidak kemana-mana. Tidak ada masalah sebenarnya jika cepat merasa puas. Hanya saja kamu seperti sedang menutup pintu kesuksesan secara perlahan kalau demikian.


10. Berusaha untuk Masa Depan

Wer heute nichts tut, lebt morgen wie gestern! (NN)
Siapa yang hari ini tidak berusaha, maka hidupnnya seperti hari kemarin!

Nggak akan ada perubaban di hidup seseorang kalau seseorang itu hanya berdiam diri, cuma merenung diri memikirkan nasib, berkeluh kesah. Sampai kapan pun. Berusaha adalah cara untuk berjuang untuk hidup. Menghidupkan hidup kembali agar semakin hari terus terjadi perubahan. Meskipun cuma 1%, nggak masalah.


11. Ada Keinginan, Ada Jalan

Das Geheimnis des Könnens liegt im Wollen. (Aristoteles)
Rahasia kemampuan adalah keinginan.

Keinginan bisa mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal yang kadang nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Nggak nyangka ya.. ternyata bisa. Maka lahirlah kemampuan. Keinginan adalah awal dari upaya bentuk perubahan. Ia bisa memicu pergerakan yang terkadang bisa memunculkan potensi maksimal diri seseorang. Di setiap ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

12. Percaya Diri dengan Kekuatan Sendiri

Trau lieber deiner Kraft als deinem Glück. (Publilius Syrus)
Percayalah pada kekuatanmu daripada keberuntunganmu.

Percaya pada kekuatan adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri. "Wah.. gua bisa ini ngelakuin itu", "Gua bisa nyelesain itu" Dengan kekuatan, seseorang bisa terus berusaha mengubah keadaan. Bila hanya mengharap keberuntungan, tidak ada usaha yang dilakukan, hanya menunggu keberuntungan itu datang.


13. Mengejar yang Terbaik

Das Beste liegt nie hinter uns, sondern vor uns. (Werner Jaeger)
Yang terbaik tidak pernah berada di belakang, melainkan di depan.

Seseorang yang ingin menjadi terbaik pasti ia terus berusaha lain daripada yang lain. Ia tidak ingin dengan cara yang sama yang dilakukan orang lain. Segala apapun cara akan dilakukan dan lebih dari yang lain. Itulah sebabnya, ia bisa mengungguli yang lainnya. Ia bisa maju ke depan. Karena yang terbaik selalu ada di depan dari semuanya.

14. Tuntaskan!

Höre nie auf anzufangen; fange nie an aufzuhören. (Horaz)
Jangan berhenti untuk memulai, jangan memulai untuk berhenti.

Mulai aja dulu adalah sebuah upaya untuk mengubah keadaan. Memulai bergerak. Memulai lebih mudah bila dibandingkan dengan mempertahankan. Ketika di tengah jalan, bila sudah terjadi masalah-masalah, mulai muncul keinginan untuk berhenti. Stop. Capek ngelakuinnya. Percayalah, pasti ada sesuatu yang luar biasa yang menunggu saat semuanya selesai.

15. Terus Bergerak

Wer aufhört, Fehler zu machen, lernt nichts mehr dazu. (Theodor Fontane)
Siapa yang berhenti melakukan kesalahan, maka dia tidak akan pernah belajar dari hal itu.


16. Semangat Selalu

Das wahre Geheimnis des Erfolgs ist die Begeisterung. (Walter Chrysler)
Rahasia suatu keberhasilan adalah semangat.

Semangat adalah salah satu bahan bakar seseorang untuk terus bergerak. Terus-menerus mencoba. Terus berupaya. Punya keinginan untuk berubah. Semangat ini bisa menuntun seseorang ke sebuah keberhasilan. Ia tidak berhenti ditengah jalan. Ia terus bergerak dengan semangatnya. Ia bisa menjaga semangatnya agar selalu menyala.

17. Jangan Asal Berucap

Sage nicht alles, was du weißt, aber wisse alles, was du sagst. (Matthias Claudius)
Jangan katakan apa yang kau ketahui, tapi ketahuilah apa yang kau katakan.

Menjaga lisan adalah salah satu cara bersosial dengan baik. Menjaga lisan bisa menjaga perasaan seseorang. Menjaga lisan dapat menyelamatkan hidup orang banyak. Mengucapkan selamat pagi adalah salah satu cara sederhana menjaga hubungan.

18. Walk the Talk

Erzähle nicht, wie du warst, sondern zeige, wie du jetzt bist. (Dari: Albania)
Jangan pernah bercerita bagaimana kau dahulu, tapi tunjukkan bagaimana kau sekarang.


19. Jangan Lewatkan Kesempatan

Können ist nichts ohne Gelegenheit. (Napoleon)
Kemampuan tidak akan berarti tanpa adanya kesempatan.

Kemampuan dan kesempatan adalah dua kombinasi yang dapat menghasilkan cuan atau kesesuksesan. Kemampuan saja nggak cukup. Kesempatan yang hadir tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ia terkadang hadir tanpa diduga-duga. Kemampuan bertemu dengan kesempatan disitu tanda akan terjadi suatu perubahan besar.

20. Pujian Bisa Menghancurkan Diri

Lob macht gute Menschen besser und schlechte schlechter. (Robert Fuller)
Pujian membuat seseorang menjadi lebih baik, buruk atau lebih buruk lagi.

Pujian bisa membuat seseorang menjadi lebih baik. Dengan pujian, ia merasa diapresiasi jerih payahnya. Namun yang perlu diingat, pujian juga bisa menghancurkan seseorang. Pujian bisa membuat seseorang merasa di atas angin. Ia bisa lupa diri dan tidak menginjak tanah. Mengapresiasi seseorang dengan pujian yang sewajarnya adalah salah satu cara menjaga kebaikan seseorang itu.

Itulah 20 kata bijak berbahasa Jerman yang ditemukan dari "mbah google". Semoga saja kamu lebih bersemangat setelah membaca kata-kata bijak yang sudah disebutkan di atas.

Referensi:

sinaujerman.wordpress.com

Posting Komentar untuk "18+ Kata Bijak Bahasa Jerman yang Bisa Membuat Kamu Bersemangat"