--> Skip to main content

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca (Corrupted/Unreadble)

Salah satu media penyimpanan data adalah hardisk eksternal. Tahu kan seperti apa bentuk dan rupanya? Tujuannya tentu jelas, untuk menyimpan data di luar PC/laptop.

Tapi, bagaimana kalau tiba-tiba hardisk eksternal berisi semua data kamu tidak bisa dibaca? Waduh.. pasti langsung garuk-garuk kepala kan?

cara mengatasi hardisk tidak terbaca

Lalu, kenapa hardisk eksternal yang tadinya bisa terbaca tiba-tiba tidak bisa terbaca? Gimana bisa? Apa penyebabnya?

Penyebabnya bisa beragam.

Awal kisah hardisk eksternal mengalami corrupted/unreadble

Kalau yang ogut alami, ogut langsung mencabut USB hardisk eksternal dari laptop tanpa merejectnya terlebih dulu.

Padahal saat itu juga sedang membuka file dari hardisk eksternal tersebut. Alhasil, hardisk eksternal ogut pun menampilkan pesan error saat ogut mencolokkan USBnya kembali.

Pada kasus ogut, pesan eror yang tampil adalah E:/ is not accesible. The file or directory is corrupted and unreadable. Jelas sekali dari pesan itu kalau hardisk eksternal ogut tidak bisa dibaca.

Seperti yang ogut bilang di awal tadi, ogut langsung garuk-garuk kepala. "Waduh.. semua data ada disitu. Gimana ceritanya? Masa iya harus diformat?" kata ogut dalem hati.

Ogut memutuskan untuk tidak langsung memformatnya. Ogut mencoba gugling di jagat maya, berharap ada secercah harapan yang bisa menyelamatkan semua data.

Dan akhirnya dapat, langsung ogut coba, dan Alhamdulillah berhasil. Semua data ogut selamat dari aksi pemformatan data. Hardisk eksternal ogut juga bisa dibaca kembali seperti biasa.

Nah, pada artikel ini, ogut akan share cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca berdasarkan yang sudah ogut alami. Caranya pun mudah.

Tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tambahan. Cukup gunakan satu program yang pasti di semua Windows ada. Kamu tahu program apakah itu? Yap, cukup memakai program Command Prompt. Ogut mulai dari langkah yang pertama.


Langkah mengatasi hardisk eksternalnya yang tidak terbaca

Langkah pertama, colokkan hardisk eksternal yang tidak terbaca milik kamu ke laptop/PC. Pastikan hardisk tersebut terdeteksi oleh Windows dan biasanya akan menampilkan nama hardisk beserta inisialnya (misal, D: atau E:).

Biarkan hardisk eksternal itu tercolok dan jangan direject.

Langkah kedua, buka Windows Run. Caranya yaitu dengan menekan tombol kombinasi antara tombol Start dengan tombol R pada keyboard laptop/PC. Jika sudah terbuka, ketik cmd pada ruang ketik Open:, lalu klik Ok atau bisa juga dengan menekan tombol enter.

fix unreadble hardisk eksternal

Cara membuka program Command Prompt tak harus sama seperti di atas. Kamu bisa dengan langkah-langkah yang biasa dilakukan untuk membuka program itu. Intinya adalah membuka program Command Prompt. Cara membukanya bisa disesuaikan dengan kehendak kamu.

Simak juga:  2 Cara Simpel Screenshoot Layar di Laptop Khusus Pengguna Windows


Setelah Command Prompt terbuka, ketik chkdsk E: /f lalu enter. Chkdsk adalah perintah untuk mengecek sekaligus memperbaikinya jika ditemukan eror pada suatu media penyimpanan yang tercolok dengan laptop/PC.

Huruf E: di atas merupakan inisial hardisk eksternal setelah tercolok ke laptop/PC. Tentu saja inisial hardisk eksternal yang muncul pada laptop/PC kamu bisa berbeda. So, harus disesuaikan juga.

Command Prompt akan langsung memeriksa kondisi hardisk eksternal itu sekaligus memperbaiki jika ditemukan eror.  Jika pada Command Prompt sudah menampilkan teks The type of the file sysem is NTFS. Volume label is ... dan seterusnya, berarti perintah pengecekan dan perbaikan hardisk eksternal sudah berjalan.

cara mengatasi hardisk tidak terbaca

Jika sudah selesai, Command Prompt akan menampilkan teks seperti Correcting errors ..., Windows has mad correction to the file system, dan informasi detil ukuran hardisk eksternal tersebut.

Kalau sudah, selamat! kamu berhasil memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca. Untuk memastikannya, coba buka hardisk eksternal tersebut melalui Windows Explorer.

Yap, itu saja cara memperbaikinya. Mudah bukan?

cara mengatasi hardisk tidak terbaca

Ayo share artikel ini ke teman-teman kamu, baik melalui jejaring sosial media ataupun grup chatting agar lebih banyak orang yang membaca dan mengetahui cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca.

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar