Cara agar Baterai Awet Jadi Puas Main HP

Daya baterai smartphone yang tahan lama tentu saja menguntungkan. Untuk itu, Anda perlu tahu cara agar baterai awet dan tidak boros. Berikut 11 cara yang AneIqbal rangkum dari berbagai sumber dan bisa Anda praktikkan.

cara agar baterai awet

Beberapa cara agar baterai awet

1. Segera cabut charger smartphone jika batterainya sudah penuh

Menurut Battery University, membiarkan charger tetap terpasang saat batterai sudah terisi penuh, mungkin yang sering Anda lakukan yaitu membiarkan charger tetap terpasang semalaman, dapat memberikan dampak yang buruk bagi batterai untuk jangka waktu yang panjang.

Ketika baterai smartphone Anda sudah mencapai 100% dan Anda masih memasang chargernya, smartphone Anda terus mengisi baterainya secara perlahan, sedikit demi sedikit, setetes demi setetes, agar tetap pada 100%. Ini dapat berdampak pada baterai smartphone, baterai smartphone berubah kondisi menjadi bertekanan dan bertegangan tinggi yang mana melibatkan bahan kimianya.

Battery University membuat detil penjelasan ilmiahnya mengapa bisa seperti itu. Intinya adalah ketika baterai sudah terisi penuh, segera cabut chargernya. Bayangkan saja ini seperti relaksasi otot-otot setelah latian berat. Ternyata baterai juga bisa stres seperti kita.

2. Isi daya baterai smartphone dimanapun Anda bisa melakukannya

Kalau baterai bisa stress, berarti baterai juga bisa bahagia. Ternyata baterai di smartphone jauh lebih bahagia jika kita mengisinya dalam frekuensi yang sering dalam sehari dibanding dengan mengisinya sekaligus dalam jumlah yang besar ketika dalam kondisi kosong.

Menurut Tech Insider, tidak mengapa jika mengisi daya baterai beberapa kali dalam sehari. Isi daya baterai kapanpun Anda bisa. Dengan begitu baterai smartphonemu dapat bertahan lebih lama bukan?

Selain itu Anda tidak perlu khawatir lagi menggunakan fitur smartphonemu yang bisa menguras banyak daya baterai seperti fitur GPS. Daya baterai smartphonemu aman terkendali.

3. Hindari baterai dari panas

Baterai smartphone sensitif terhadap panas. Apple pun merekomendasikan untuk mencopot case smartphone yang dapat menyekat panas dari iPhone ketika sedang diisi daya.

Ketika smartphone sudah mulai panas ketika, segera lepas casenya. Dan juga hindari smartphone dari sinar matahari langsung agar baterai smartphone tetap sehat.

4. Matikan mode getar

Mengkondisikan smartphone Anda dalam mode getar tentunya sangat berguna untuk memberitahukan ada panggilan masuk, pesan masuk atau email masuk di saat Anda berada ditempat yang tidak diperbolekan ada suara; seperti di bioskop, perpustakaan, atau ruang meeting.

Ditempat umum yang tidak ada masalah soal suara, akan lebih baik menggunakan mode general atau bersuara karena itu bisa membuat smartphone bertahan lebih lama.

Dalam mode getar, smartphone membutuhkan daya lebih besar untuk menggetarkan seluruh bagian smartphone. Berbeda dengan mode general atau bersuara, getaran yang dihasilkan hanya sedikit yaitu hanya pada bagian speaker.

5. Redupkan pencahayaan layar smartphone

Cara ini dapat dikatakan cara yang paling ampuh untuk menghemat baterai smartphone. Pencahayaan layar yang redup tidak mengonsumsi daya yang banyak. Beda lagi kalau pencahayaan layarnya terang, tentu saja smartphone membutuhkan daya baterai yang cukup banyak.

Saat menggunakan smartphone, sudah pasti Anda mengaktifkan layarnya. Kalau Anda gunakan dalam beberapa menit atau dalam waktu yang lama, dan pencahayana layarnya terang, daya baterai akan terkuras cepat. So, redupkan pencahayaan layar smartphone agar daya baterai tidak cepat habis.

Sebelum lanjut, silakan lihat juga pilihan HP Oppo harga 2 juta ke bawah dan rekomendasi HP terbaik 2020 dari David GadgetIn. Klik kanan kemudian pilih open link in new tab untuk membacanya nanti setelah dari sini.

6. Percepat screen timeout

Screen timeout merupakan durasi waktu antara pemakaian terakhir dan nyala layar. Intinya, layar akan mati dalam sekian detik setelah Anda menggunakannya. Nah dengan mempercepat screen timeout dapat meminimalkan konsumsi daya baterai smartphone. Karena layar yang menyala membutuhkan konsumsi daya baterai lebih banyak dibanding layar yang mati.

7. Matikan smartphone

Kalau Anda hendak melakukan sesuatu yang tidak perlu membutuhkan smartphone untuk waktu yang lama, sebaiknya Anda matikan smartphone Anda. Ini bisa menghemat daya baterainya.

Memang, kalau mematikan lalu menyalakan kembali smartphonenya itu lebih banyak mengonsumsi daya baterai dibanding smartphone dalam mode sleep atau terkunci. Tetapi, akan lebih lemat lagi kalau smartphonenya dimatikan jika tidak digunakan dalam waktu yang lama.

8. Hindari mengisi daya baterai saat Anda tertidur

Sebaiknya Anda tidak mengisi daya baterai lalu Anda tinggal tidur. Itu bisa mengancam kesehatan daya baterai. Seperti yang sudah dijelaskan di tips nomor satu, itu bisa mengurangi daya hidup baterainya. Jadi segera isi daya baterai smartphone Anda jika sudah hampir habis dan jangan lepas dari perhatian Anda. Segera cabut jika sudah terisi penuh.

9. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan

Anda pasti punya banyak aplikasi yang terinstall di smartphone Anda. Aplikasi-aplikasi itu bisa membantu pekerjaan Anda, memudahkan berkomunikasi, dan sebagainya. Setelah menggunakan aplikasi tersebut, terkadang tidak langsung ditutup.

Aplikasi-aplikasi itu dibiarkan berjalan secara background padahal sudah tidak diperlukan lagi. Hal itu bisa menghabiskan daya baterai lebih cepat. Karena, smartphone melakukan multitasking aplikasi. Jadi, sebaiknya segera tutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi agar daya baterai bisa bertahan lebih lama.

10. Matikan GPS

GPS mengirim dan menerima sinyal ke dan dari satelit untuk menandai lokasi kita berada. Smartphone mengonsumsi daya baterai yang cukup banyak untuk mengaktifkan GPS. Ditambah, ada aplikasi juga yang memanfaatkan GPS untuk beroperasi seperti Google Maps.

Tentu saja konsumsi daya baterainya meningkat. Untuk itu, matikan GPS dan aplikasi yang menggunakan GPS jika sudah tidak dibutuhkan. Sehingga smartphone Anda bisa hidup lebih lama.

11. Matikan Bluetooth, Wi-Fi, 3G/4G jika sudah tidak diperlukan

Smartphone mengonsumsi daya baterai ketika mencari sinyal seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan konektifitas 3G/4G. Ketika sinyal penerimaannya jelek, smartphone akan terus mencari sampai mendapat sinyal penerimaan yang bagus. Aktifitas itu akan menghabiskan banyak daya baterai jika terus-terusan mencari sinyal penerimaan yang bagus.

Sebaiknya matikan saja Bluetooth, Wi-Fi, dan konektifitas 3G/4G jika sudah tidak diperlukan. Cara simpelnya yaitu dengan mengubah mode smartphone menjadi ‘Airplane Mode’.

Kalau smartphone mendapat sinyal penerimaan yang bagus, letakkan di tempat yang bagus koneksi jaringannya. Ini guna menghindari smartphone mencari-cari sinyal penerimaan kembali yang bisa menyebabkan daya baterai cepat habis.

Sebelum beranjak dari sini, silakan cek juga cara menghemat kuota internet ini dan arti entry level. Semoga beberapa tips-tips di atas bisa memberikan dampak positif terhadap HP Anda setelah Anda mencobanya