Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jus Alpukat dengan Kesegaran Maksimal

Pernah minum jus Alpukat? Pasti masih ingat dong dengan rasa segarnya. Makin hari, disekitar kita kian banyak yang menjual jus Alpukat. Tapi kok kadang jus di luar lebih segar dari yang kita blender dirumah ya? Apasih rahasianya? Mau tau?

Nah buat kamu yang ingin tau, kali ini kami akan membahas rahasia memaksimalkan kesegaran jus alpukat untuk kamu. Iya, spesial nih buat kamu.. Yowis yuk disimak! Kita mulai dari resep dasarnya ya!

Tips Memaksimalkan Kesegaran Jus Alpukat

Resep Jus Alpukat yang Simpel

Jus alpukat sangat gampang dibuat. Bahan-bahannya juga sederhana kok. Jadi, saat kamu butuh teman untuk nonton drama korea atau nonton bola, jus alpukat bisa menjadi pilihan kamu. Nggak ketinggalan deh tontonannya. Lha wong bikinnya gampang. Lebih gampang lagi kalau pesen ojol.
Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat jus alpukat yang simpel yaitu:
  • Buah alpukat, tentunya yang sudah matang ya
  • Susu kental manis dan kental manis coklat secukupnya
  • Es batu secukupnya
Dari bahannya saja sudah simpel kan? Ohiya, siapin juga blender dan gelas juga ya. Lalu gimana cara buatnya? Begini caranya. Mohon diikuti ya biar kamu nggak salah jalan dan tersesat tak tau arah jalan pulang.
  1. Potong dulu buah alpukatnya menjadi beberapa bagian. Terus, bijinya disisihin dulu karena tak dibutuhkan untuk membuat jus.
  2. Masukkan potongan buah alpukat tadi ke blender. Kamu pastiin tempatnya cukup supaya bahan lain bisa tetap masuk.
  3. Masukkan es batu dan susu kental manis secukupnya.
  4. Nyalakan blender dan tunggu sampai halus.
  5. Sambil menunggu blenderan, kamu bisa menghias sisi dalam gelas dengan susu kental manis coklat.
Nah begitulah cara membuat jus alpukat yang simpel. Gitu aja? Nggak kok! Kami punya tips-tips buat kamu supaya jus alpukat yang kamu buat maksimal segarnya.

Tips Memaksimalkan Kesegaran Jus Alpukat

1. Buah Alpukat Haruslah Masih Baik Dan Sudah Matang

Kualitas bahan baku cukup memengaruhi kesegaran jus alpukat ya. Maka dari itu ketika ingin membuat jus, alangkah baiknya pastikan dulu buah alpukat pilihanmu kondisinya prima.

Cara paling mudah untuk menentukan prima tidaknya sebuah alpukat bisa dilakukan dengan mengamati warna kulitnya. Semakin berwarna hijau tua mengkilap semakin baik pula kualitas buah alpukat pilihan kamu. Bila perlu goyang goyangkan sedikit buahnya.

Jika ada suara sedikit bergejolak itu artinya buah alpukat yang kamu goyangkan tergolong baik, matang, dan juga bagus.

2. Perhatikan Tekstur Jus Saat Kamu Memblender

Menurut mayoritas responden, jus yang nikmat adalah jus yang teksturnya lembut dan tidak nyangkut di leher. Maka dari itu saat kamu memblender buah kamu harus sambil mengawasi tekstur alpukat yang kamu blender ya.

Jangan sampai ketika kamu hendak menuangkan jus kedalam gelas masih ada serpihan buah yang masih belum sempat terblender sepenuhnya. Buah alpukat yang dipotong-potong akan mempermudah proses pemblenderan.

Lalu, untuk memperhalus tekstur jus kamu dapat menambahkan air minum secukupnya. Setelah bahan utama jus tak ada yang tertinggal kamu bisa mulai memblender hingga jus memiliki tekstur yang kamu inginkan.

3. Tambahkan Es, Susu, Dan Gula Pasir Secukupnya

Es membuat minuman yang kita buat menjadi lebih dingin dan jus alpukat yang dingin pasti rasanya akan segar. Namun ketika kita menambahkan es, jus yang kamu buat tadi bisa terancam jadi kurang manis loh. Untuk mengatasinya kamu boleh menambahkan susu kental manis ataupun gula pasir secukupnya. Ingat ya, secukupnya saja.

4. Sendok, Gelas, Pisau, dan Blender Wajib Bersih

Semua tips kami mungkin akan sia-sia untuk kamu lakukan jika semua alat yang kamu pakai kurang higienis. Namun kami yakin kamu pasti rajin merawat blender dan alatmu yang lain dengan baik seperti biasa. Tetapi sebelum kamu memulai proses pembuatan jus alpukat tak ada salahnya kan jika kamu mengecek ulang kebersihan blendermu dan alat-alat yang akan kamu gunakan?

Selain bersih, pastikan juga blender dan alatmu terbebas dari bau yang tidak perlu ya. Ini penting loh!. Kamu tentunya tidak mau kan jus alpukat segar yang kamu idamkan menjadi aneh karna kesalahan yang tidak perlu?

Jus alpukat paling segar dan cocok diminum saat suasana santai dan ketika cuaca panas. Tapi jika kamu mengikuti panduan kami diatas, jus alpukatmu akan terasa segar disegala cuaca dan suasana kok.

Jika alat dan bahan sudah tersedia, kamu tunggu apa lagi? Segera coba yuk! Jus alpukat buatanmu kali ini pasti terasa lebih istimewa.

Selamat praktek memaksimalkan kesegaran jus alpukat dirumah ya. Hope you enjoy it. Eits, tapi kamu jangan beranjak dulu dari sini ya karena kamu akan tahu kandungan dan manfaat yang didapat dari mengonsumsi jus alpukat.

Kandungan Jus Alpukat yang Perlu Kamu Tahu

Sebenarnya apa sih yang terkandung dalam sebuah alpukat? Banyak vitaminnya nggak ya? Menurut situs SehatQ, hamper 15 persen dari berat satu buah alpukat merupakan lemak dan 77 persen dari total kalorinya sumbernya dari lemak ini. Namun demikian, jenis lemaknya ini adalah lemak tidak jenuh (monounsaturated fat).

Lho.. apa cuma lemak aja kandungannya? Nggak kok. Kami masih belum selesai menjelaskan.

Selain lemak tidak jenuh, yang terkandung dalam buah alpukat adalah serat, vitamin K, C, B6, E, folat, potassium, hingga sejumlah zat antioksidan. Hmm.. lengkap juga ya kandungan nutrisinya.

Manfaat Minum Jus Alpukat Buat Tubuh Kamu

Selain enak, nikmat, dan menyegarkan, jus alpukat ini ternyata banyak manfaatnya lho buat tubuh kamu. Kandungan nutrisinya cukup lengkap seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Berikut manfaat-manfaat yang akan kamu dapat dari meminum jus alpukat yang dilansir dari situs healthline.

Alpukat punya kandungan serat yang cukup tinggi

Manfaat yang akan kamu dapat salah satunya adalah tercukupinya asupan serat untuk tubuh kamu. Bahkan, pakar kesehatan dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi di Universitas Kentucky, Amerika Serikat mengatakan bahwa buah alpukat merupakan salah satu buah yang kandungan seratnya sangat tinggi. Kandungan serat ini diyakini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Alpukat bisa melancarkan sistem pencernaan

Ternyata, kandungan serat dalam buah alpukat juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Kamu yang mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya, jus alpukat ini bisa menjadi salah satu obat dengan rasanya yang segar, nikmat, dan menyehatkan.

Alpukat adalah bahan detoks alami

Buah alpukat juga bisa menjadi bahan detoks alami untuk tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terbantu dalam proses pembuangan berbagai racun yang masuk. Bila mengonsumsi jus alpukat secara rutin (bila dengan susu kental manis, perhatikan kadar gulanya juga ya), tentunya akan baik untuk tubuh. Tubuh bisa menjadi lebih sehat, fit, dan bugar.

Makan alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Delapan studi yang terkontrol pada orang-orang telah meneliti efek mengonsumsi buah alpukat pada beberapa factor risiko ini. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa alpukat dapat mengurangi total kadar kolesterol secara signifikan, mengurangi trigliserida darah hingga 20%, menurunkan kolesterol LDL hingga 22%, dan meningkatkan kolesterol HDL hingga 11%. Meskipun hasil penetiliannya mengesankan, yang perlu dicatat adalah semua studi pada orang-orang tadi sifatnya penelitian kecil (13-37 orang) dan hanya dalam jangka pendek (1-4 minggu).

Alpukat mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi mata

Ternyata, selain buah alpukat itu dapat meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, alpukat itu sendiri sudah mengandung antioksidan yang tinggi lho. Salah duanya antioksidan yang terkandung adalah karotenoid luten dan zeaxanthin. Keduanya sangat penting untuk kesehatan mata karena dapat menurunkan risiko degenerasi macula dan katarak.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Jus Alpukat dengan Kesegaran Maksimal"