Logo Garuda Indonesia dari Waktu ke Waktu (4 Kali Berubah)

Logo Garuda Indonesia sudah mengalami beberapa kali perubahan dari waktu ke waktu. Kalau dihitung-hitung, total perubahannya sebanyak empat kali. Seperti apa sejarah logo-logo Garuda Indonesia pada masa lampau? Mari kita simak bersama-sama.

Diceritakan di dinding salah satu sudut museum, perubahan logo Garuda Indonesia dari waktu ke waktu. Total hingga saat ini ada 4 kali perubahan dan 5 logo maskapai Garuda Indonesia. Namun, logo yang paling baru, belum ada di sana. Jadi hanya ada 4 logo yang ada di museum.



Logo Klasik Garuda

evolusi logo garuda indonesia

Logo ini diciptakan pada saat Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya. Garuda Indonesia menggunakan logo Garuda Klasik berupa simbol grafis garuda klasik berwarna hitam dengan bendera nasional Merah Putih di sayapnya.

Tulisan "Garuda" berwarna merah dan "INDONESIAN AIRWAYS" berwarna hitam melengkapi logo klasik ini. Logo ini dipakai pada tahun 1949 sampai dengan 1969.

Baca juga: Rekomendasi 5 Situs Logo Maker untuk Membuat Logo Online Gratis


Logo Garuda Indonesia Orange Logotype

logo garuda indonesia dari masa ke masa

Logo Orange Logotype ini mulai digunakan pada tahun 1970. Terdiri dari tulisan "garuda" dan "indonesian airways" berwarna merah oranye (tangerine).

Di era logo ini, Garuda Indonesia melakukan modernisasi dan penambahan armada serta ekspansi destinasi dan rute hingga internasional. Logo ini dipakai pada tahun 1970 sampai 29 Maret 1985.

Baca juga: Ilustrasi yang Menggambarkan Seseorang Kecanduan Sosial Media


Logo Burung Modern

logo maskapai garuda indonesia

Mulai 30 Maret 1985, Garuda Indonesia mengubah logonya menjadi logo burung modern. Gunanya adalah untuk mengantisipasi era persaingan terbuka industri penerbangan nasional dan internasional.

Pada logo burung modern, disertai juga dengan tulisan "Garuda Indonesia" yang merupakan nama perusahaan yang dipakai pada saat itu hingga saat ini.

Warna hijau dan biru yang dominan pada logo ini diambil dari warna alam Indonesia. Pada era ini turut diperkenalkan pula tagline "The Airline of Indonesia". Logo ini dipakai pada 30 Maret 1985 sampai 22 Juli 2009.


Logo Brand Refresh

logo garuda indonesia terbaru

Mulai 23 Juli 2009, Garuda Indonesia melakukan peremajaan identitas perusahaan melalui program Corporate Identity (Brand) Refresh.

Turut diperkenalkan juga elemen grafis "Sayap Alam" yang disematkan pada bagian ekor pesawat. Logo burung modern tetap dipertahankan, yang berubah adalah jenis huruf pada tulisan "Garuda Indonesia". Terlihat lebih modern, clean, dan sinergi dengan logo keseluruhan.

Baca juga: Rekomendasi 4 Situs Pembuat Logo eSport Gratis

Nah tadi itu perubahan logo dari waktu ke waktu yang dipaparkan di dinding salah satu sudut museum tranportasi. Tak hanya Garuda Indonesia saja yang berubah, logo kereta api indonesia juga sempat berubah. Logo terbaru Garuda Indonesia saat ini memiliki logo SkyTeam di logonya. Seperti ini logo Garuda Indonesia saat ini.

logo garuda indinesia

By the way, dikutip dari situs resmi Garuda Indonesia, SkyTeam adalah aliansi yang beranggotakan berbagai maskapai besar dari berbagai belahan dunia.

Total anggotanya berjumlah 20 maskapai besar dari berbagai negara. Selain akses yang lebih besar, keuntungan dari kerjasama ini yaitu frekuensi penerbangan dan konektivitas rute yang juga lebih besar.


logo garuda indinesia skyteam

Jadi itulah dia pembahasan tentang perubahan logo garuda Indonesia. Tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah logo garuda Indonesia ini. Karena dengan begitu, selain menambah wawasan, juga untuk semakin mengenal dan mencintai maskapai kebanggaan bangsa ini.