Skip to main content

Komponen dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Komponen dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengusaha

Sebagai investor modal bagi perusahaan.

Karyawan

Menetapkan rencana, sistem, proses dan tujuan yang ingin dicapai. Karyawan operasional adalah setiap orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.

Karyawan manajerial adalah setiap orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagaian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. Karyawan manajerial dibedakan atas:
  • Manajer liniManajer yang diberi wewenang untuk mengarahkan pekerjaan bawahan dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
  • Manajer staf 
  • Manajer yang membantu dan menasehati manajer lini.

Baca juga:
- Definisi Manajemen Personalia Menurut Para Ahli
- Pengertian Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Manusia
- Peran dan Manfaat Usaha Kecil Menengah (UKM)

Pemimpin atau Manajer

Adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Keragaman angkatan kerja yang terus tumbuh.
  2. Perubahan tehnologi yang cepat.
  3. Globalisasi.
  4. Perubahan-perubahan dalam dunia kerja, seperti pergeseran kearah masyarakat jasa dan tekanan yang terus berkembang pada pendidikan dan modal manusia.


Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar