Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan Dasar Codeigniter 3 Sebelum Membangun Aplikasi

Sebelum kita membangun sebuah aplikasi menggunakan Framework Codeigniter, ane menyimpulkan ada enam hal pengaturan dasar yang harus dilakukan. Apa sajakah itu? Berikut ane jabarkan. Ohiya, codeigniter yang ane gunakan adalah versi yang terbaru, saat ini yang terbaru adalah versi 3.

1. Mengatur autoload libraries database dan session

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Sebuah aplikasi web pasti memerlukan tempat menyimpan data. Data dapat disimpan ke dalam database ataupun ke dalam session. Codeigniter menyediakan library database dan session. Agar tidak memanggil library ini di setiap controller, maka cukup ubah pada bagian autoload['libraries'] dan isi dengan database dan session.

2. Mengatur autoload helper url

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Codeigniter menyediakan fungsi base_url(), yaitu untuk memanggil url aplikasi codeigniter. Agar fungsi tersebut dapat berjalan, ubah pada bagian autoload['helper'] dan isi dengan url.

3. Mengatur autoload model

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Agar tidak memanggil model di setiap controller, cukup ubah pada bagian autoload['model'] dan isi dengan model-model yang dibuat.

4. Mengatur config base_url

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Dengan base_url() kita dapat memanggil url aplikasi kita secara dinamis. Maksudnya, kita tidak perlu mengetik (misal) http://localhost:2021/login-multiuser di dalam aplikasi yang kita buat, tapi cukup dengan fungsi base_url(). Jika ada perubahan folder aplikasi, maka cukup ubah bagian ini.

Bayangkan, jika kita tidak menggunakan base_url() tapi mengetik url secara harcode kemudian ada perubahan nama folder, maka kita harus mengubahnya satu persatu!

5. Mengatur database yang digunakan

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Bagian ini untuk mengatur database mana yang digunakan.

6. Mengatur default controller dan error 404

Pengaturan Dasar Codeigniter Versi 3

Kita dapat mengatur controller mana yang akan dipanggil terlebih dahulu saat aplikasi dijalankan dengan mengisi bagian $route['default_controller'] dengan nama controllernya.

Kita juga dapat mengatur controller untuk membuat halaman error 404 dengan mengisi bagian $route['404_override'] dengan nama controllernya.

Keenam hal tersebut ane simpulkan berdasarkan praktik yang ane lakukan. Bisa jadi ente melakukan lebih. Kalau ente punya masukkan, jangan sungkan untuk berkomentar ya.

Posting Komentar untuk "Pengaturan Dasar Codeigniter 3 Sebelum Membangun Aplikasi"