Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jaringan Client Server Dengan Cisco Packet Tracer

Cara membuat jaringan client server akan mudah dipraktikkan dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Jadi, pastikan Anda sudah menginstallnya terlebih dahulu. Jika belum, silakan cek cara install Cisco Packet Tracer untuk melihat prosesnya.

Sebelum AneIqbal masuk ke topik pembahasan, ada saran yang mungkin Anda butuh. Jika Anda merupakan pengguna provider Indihome di rumah dan sering kali lemot karena kecolongan pemakaian, sebaiknya segera ganti password wifinya. Silakan cek cara ganti password wifi Indihome untuk mengetahui seperti apa prosesnya.

Dan jika Anda merupakan pengguna Indosat dan tidak hapal nomor Anda sendiri, ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Silakan cek cara mengetahui nomor HP Indosat untuk melihatnya. 

Silakan cek juga postingan cara sharing printer ini guna efektivitas printer yang ada. Anda cukup melakukan sharing printer sehingga dapat digunakan bersama dan tanpa perlu menambahkan unitnya. Sekarang, mari kembali ke topik pembahasan.


Jaringan client server

Apa itu jaringan client server? Jaringan client server merupakan sekumpulan komputer yang saling terkoneksi satu sama lain tapi ada sebuah PC yang menjadi pelayan atau server. Server bertugas melayani dan menyediakan sumber daya yang akan digunakan oleh PC pada jaringan tersebut.

Jika tidak dibutuhkan adanya server, maka Anda cukup membuat jaringan peer to peer saja agar komputer bisa saling berkomunikasi. Silakan cek cara membuat jaringan peer to peer untuk mengetahui langkah-langkahnya.


Gambar topologi client server

Setiap jenis jaringan tentu dapat digambarkan dengan topologi jaringan. Topologi dapat membantu memahami jenis jaringan secara lebih mendalam. Untuk topologi client server, bentuknya tidak jauh seperti gambar berikut.

cara membuat jaringan client server


Cara membuat jaringan client server

Setelah mengetahui pengertian dan topologi jaringan client server, maka selanjutnya yaitu membuat simulasinya dengan bantuan aplikasi Cisco Packet Tracer. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Step by step cara membuat jaringan client server

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menjalankan aplikasi Cisco Packet Tracer. Kemudian buatlah desain seperti gambar di bawah ini. Jumlah PC boleh berapa saja asalkan hanya ada satu server.

cara membuat jaringan client server

Hubungkan semua device dengan kabel straight. Mengapa straight? karena devicenya berbeda.

cara membuat jaringan client server
Hubungkan dengan kobel straight

Setelah dihubungkan dengan kabel, setting server agar dapat terkoneksi dengan PC. Setting server dengan IP 192.168.1.1.

cara membuat jaringan client server
IP Server: 192.168.1.1

Kemudian setting IP pada tiap PC. Misalnya PC0: 192.168.1.19, PC1: 192.168.1.20 dan PC2: 192.168.1.21.

cara membuat jaringan client server

cara membuat jaringan client server

cara membuat jaringan client server

Sampai sini, semua settingan sudah selesai. Hanya tinggal memastikan apakah PC dan server terkoneksi dengan baik.

Seperti biasa, ada dua cara untuk memastikannya. Cara pertama dengan ping dan cara kedua yaitu dengan mengirim PDU.

Ping semua PC dari server. Bila berhasil, akan terlihat seperti gambar berikut.

cara membuat jaringan client server

cara membuat jaringan client server

cara membuat jaringan client server

Cara kedua adalah dengan mengirim PDU. Kirim PDU dari server ke semua PC, lihat gambar berikut.

cara membuat jaringan client server

Setelah Anda mengetahui dan menguasai simulasi cara membuat jaringan client server, pertimbangkan juga untuk mencobanya secara real. Anda perlu cek cara mengecek IP laptop agar tidak salah dalam menyetting tiap IP komputer yang ingin dihubungkan.

Kemudian, ada baiknya Anda explore lebih jauh dengan membuat simulasi lain. Untuk itu, Anda bisa cek cara membuat jaringan WAN ataupun cara setting DHCP server di Cisco Packet Tracer.