Cara Membuat Jaringan Peer to Peer Dengan Cisco Packet Tracer

Cara membuat jaringan peer to peer bisa Anda coba dan simulasikan dengan aplikasi Cisco Packet Tracer. Membuat jaringan peer to peer ini pun tidak sulit caranya. Diharapkan dengan mengikuti panduan berikut, Anda sudah bisa menguasai cara membuat jaringan peer to peer ini.

Sebelum masuk ke pembahasan membuat jaringan peer to peer, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Cisco Packet Tracernya. Jika belum, silakan cek cara install Cisco Packet Tracer untuk melihat panduannya.

Sebelum AneIqbal membahasnya lebih jauh, jika Anda memasang wifi Indihome untuk kebutuhan internet rumah, ada baiknya untuk cek cara ganti password wifi indihome ini karena mungkin saja Anda butuhkan.

Lalu, jika penasaran dengan kecepatan wifi Anda di rumah, Anda bisa cek cara mengukur kecepatan internet untuk mengetahuinya. Di samping itu, ada baiknya untuk cek cara sharing printer ini guna efisiensi sumber daya. Sekarang, mari kembali ke topik pembahasan.


Apa itu peer to peer?

Jaringan peer to peer adalah jaringan antara 2 PC atau lebih yang saling berkomunikasi satu sama lain dan secara langsung. Kedua PC tersebut bisa sebagai client sekaligus sebagai server walaupun keduanya bukanlah server melainkan komputer/laptop biasa.


Contoh gambar jaringan peer to peer (topologi)

Untuk melengkapi penjelasan di atas agar lebih mudah dipahami, Anda bisa melihat contoh gambar design jaringannya atau yang lebih dikenal dengan istilah topologi. Berikut topologi jaringan peer to peer.


Cara membuat jaringan peer to peer 

Jaringan ini mudah dibuat karena merupakan jaringan yang sederhana dan tidak serumit jaringan WAN. Jika Anda penasaran dengan simulasinya, Anda bisa cek cara membuat jaringan WAN ini. 

1. Buatlah desain/topologi sesuai gambar jaringan peer to peer berikut.

Hubungkan kedua PC tersebut dengan kabel cross-over.

Agar kedua PC tersebut bisa saling berkomunikasi, kita harus menyetting alamat IP Addressnya. IP Addressnya harus memiliki network yang sama.

Misalnya, PC0 kita beri IP 192.168.20.20 dan PC1 kita beri IP 192.168.20.21. Kedua IP tersebut memiliki network yang sama yaitu 192.168.20. Pada kenyataannya, Anda bisa lihat cara mengecek IP laptop yang terhubung dengan jaringan untuk melihat IP addressnya.

2. Klik icon PC tersebut, pilih DesktopIP Configuration.

IP address PC0
 
 IP address PC1

3. Setelah itu, kita tes apakah kedua PC tersebut sudah terhubung. Caranya dengan ping atau dengan mengirim paket PDU.

4. Cara ping yaitu dengan mengklik icon PC tersebut, pilih Desktop Command Prompt.

ping dari PC0 ke PC1

ping dari PC1 ke PC0

Bila terdapat tulisan Reply from... itu berarti kedua PC tersebut sudah terhubung. Bila tidak, akan muncul tulisan Requested time out.

5. Cara dengan PDU yakni klik icon cara membuat jaringan peer to peeratau tekan tombol P pada keyboard kemudian letakkan di kedua PC tersebut. Bila berhasil, terlihat seperti gambar berikut.


Selain peer to peer, Anda juga bisa membuat simulasi jaringan lainnya. Silakan cek cara membuat jaringan client server untuk mencobanya juga. Semakin banyak mencobanya, semakin Anda lebih mudah mengingatnya dan memahaminya. Sekian pembahasan cara membuat jaringan peer to peer Cisco Packet Tracer dan semoga bisa bermanfaat.