Cara Membuat Jaringan WAN Dengan Cisco Packet Tracer

Cara membuat jaringan WAN bisa disimulasikan dengan software Cisco Packet Tracer. Melakukan simulasi jaringan terlebih dahulu merupakan langkah penting dan krusial sebelum mengimplementasikannya. Selain itu, simulasi juga dapat membantu Anda dalam memahami hal tersebut.

Sebelum AneIqbal membahasnya lebih lanjut, mungkin Anda perlu cek cara ganti password wifi Indihome jika Anda menggunakan provider tersebut di rumah dan sering mengalami internet lemot. Salah satu penyebab yang mungkin adalah adanya pemakai tanpa izin yang berhasil masuk ke jaringan Internet Anda. Untuk itu, segera ganti password tersebut.

Dan jika Anda belum mengetahui secara pasti berapa kecepatan wifi Internet yang Anda pasang, silakan cek cara mengukur kecepatan internet ini untuk menjawab rasa penasaran Anda. Sehingga, Anda dapat memastikan bahwa kecepatannya sudah sesuai dengan paket yang Anda pilih. 

Ohiya, kalau Anda memiliki sebuah printer dan ingin agar printer tersebut dapat digunakan bersama, silakan cek cara sharing printer ini untuk mengetahui langkah-langkahnya. Kembali ke topik utama pembahasan. 


Penjelasan singkat Cisco Packet Tracer

Jadi, Cisco Packet Tracer merupakan software simulasi jaringan, dengan adanya software ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli device jaringan dalam mempelajari dan mendalami jaringan komputer.

Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi tersebut di laptop atau komputer milik Anda. Jika belum, silakan cek panduan cara install Cisco Packet Tracer untuk melihat langkah-langkahnya.


Desain jaringan WAN

Nah, bagaimana dengan output atau hasil desain jaringan WAN yang akan dibuat berdasarkan panduan ini? Kurang lebih akan tampak seperti gambar berikut hasil desainnya.


Dengan software ini kita dapat membuat dan mendesain berbagai jenis jaringan komputer, salah satunya adalah WAN. Silakan cek juga pengertian jaringan WAN untuk mengetahui lebih lanjut.

Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. -Wikipedia


Cara membuat jaringan WAN

Postingan kali ini akan membahas bagaimana membuat jaringan WAN dengan Cisco Packet Tracer. Packet Tracer yang digunakan adalah versi 5.3.3. Walaupun sudah ada keluaran versi terbaru, mungkin cara penggunaannya tidak akan jauh berbeda.

Langkah demi langkah cara membuat jaringan WAN

Pastikan kamu sudah menginstall Cisco Packet Tracer-nya. Jumlah device yang digunakan yaitu: 12 buah PC; 4 buah switch dan 2 buah router.

1. Buka Cisco Packet Tracer.


2. Kemudian buat desain jaringan seperti berikut.


3. Hubungkan device-device tersebut dengan kabel jaringan. Kabel Straight-Through digunakan untuk menghubungkan device yang berbeda sedangkan kabel cross-over digunakan untuk menghubungkan device yang sama.


4. Masukkan IP address tiap PC, klik icon PC > Desktop > IP Configuration.


Setting IP address tiap PC seperti gambar berikut.


5. Setelah IP address telah tersetting, pastikan tiap PC dapat berkomunikasi dengan PC lain. Caranya dengan menekan tombol P pada keyboard atau klik icon cara membuat jaringan wan kemudian letakkan di dua PC yang berada pada satu jaringan kecil/satu gateway. Bila berhasil terhubung, akan muncul status pada pojok kiri bawah layar seperti berikut.


6. Agar PC pada gateway 192.168.1.1 dapat berhubungan dengan PC yang berada pada gateway 192.168.20.1 diperlukan sebuah router untuk menghubungkan dua switch yang “memegang” PC yang ada pada gateway tersebut. Router harus disetting terlebih dahulu agar dapat menghubungkan switch tersebut. Berikut settingan routernya.



Kemudian beralih ke menu RIP, masukkan kedua gateway tadi (192.168.1.1 dan 192.168.20.1) satu persatu dengan meng-klik Add sehingga settingannya menjadi seperti berikut.


Bila settingan berhasil, kita dapat mengirim paket data dari PC pada gateway 192.168.1.1 ke PC pada gateway 192.168.20.1.


7. Lakukan hal diatas pada router (Router1) satunya.

8. Setelah kedua router telah tersetting dan berjalan dengan baik, selanjutnya hubungkan kedua router tersebut sehingga semua PC yang ada dapat berkomunikasi. Hubungkan router dengan kabel cross-over.

Router diatas hanya memiliki 2 port yaitu FastEthernet0/0 dan FastEthernet0/1. Untuk itu kita perlu menambah portnya. Caranya matikan router terlebih dahulu, klik icon router yang ada di jaringan > Physical > klik lampu hijau pada gambar router. Lihat gambar berikut.

Router on

Router off

Kemudian tekan, tahan dan geser NM-4E ke gambar port router, bila sudah nyalakan kembali routernya. Lihat gambar berikut.

Router with modules NM-4E off

Router with modules NM-4E on

Interface pada router bertambah.


Lakukan hal yang sama pada router satunya, port yang digunakan untuk menghubungkan router dengan router yaitu port Ethernet1/0.

9. Setting kedua router (Router0 dan Router1) seperti berikut (IP address dapat diubah sesuai keinginan).

IP Address Router0

IP Address Router1

Kemudian kenalkan IP address dari masing-masing router ke router yang lain di menu RIP.




10. Selesai! bila semua settingan benar paket data dapat dikirim ke PC manapun.



Hasil Desain

Selain membuat simulasi jaringan WAN, Anda juga bisa membuat simulasi lainnya seperti cara membuat jaringan client servercara membuat jaringan peer to peer, ataupun cara setting DNS server di Cisco Packet Tracer. Sekian panduan cara membuat jaringan WAN di Cisco Packet Tracer dan semoga bisa membantu Anda.