Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Cisco Packet Tracer di Windows

Bagaimana ya cara install Cisco Packet Tracer di Windows? Baik di Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10, caranya kurang lebih sama dan mudah. Di postingan ini, AneIqbal akan membahasnya secara lengkap dengan screenshoot setiap langkahnya.

Sebelum membahas cara menginstallnya, mungkin ada baiknya Anda perlu tahu tentang aplikasi Cisco Packet Tracer. Kalaupun sudah, semoga bisa menambah referensi pengetahuan Anda soal aplikasi ini.

Ohiya, mohon maaf out of topic sebentar. Bagi Anda yang menggunakan Telkom/Indihome untuk kebutuhan internet di rumah dan ingin mengganti passwordnya, ada baiknya untuk cek cara ganti password wifi Indihome ini agar terhindar dari pemakai tanpa izin. 

Lalu, jika Anda penasaran seberapa cepat Internet Anda, silakan cek cara mengukur kecepatan internet untuk mengetahuinya. Jadi, Anda juga bisa memastikan bahwa paket Internet yang Anda pilih sudah sesuai kecepatannya.

Kemudian, jika Anda merupakan pengguna Indosat dan lupa nomor sendiri, ada berbagai cara untuk mengetahuinya. Silakan lihat cara mengetahui nomor HP Indosat ini. Sekarang, mari kembali ke topik pembahasan.


Apa itu Cisco Packet Tracer?

Jadi, Cisco Packet Tracer merupakan software simulasi dan visualisasi untuk membangun, mendesain dan mengatur sebuah jaringan komputer. Software ini sangat berguna dan membantu kita dalam mempelajari jaringan komputer.


cara install cisco packet tracer

Cisco Packet Tracer is a powerful network simulation program that allows students to experiment with network behavior and ask “what if” questions. As an integral part of the Networking Academy comprehensive learning experience, Packet Tracer provides simulation, visualization, authoring, assessment, and collaboration capabilities and facilitates the teaching and learning of complex technology concepts. -Cisco

Cara install Cisco Packet Tracer

Untuk menginstall software tersebut, pastinya Anda harus punya program .exe tersebut. Program ini bisa Anda dapatkan dengan googling di internet.

Step by step cara install Cisco Packet Tracer 

Pada tutorial ini Windows yang digunakan adalah Windows XP dan proses install tidak jauh berbeda bila menggunakan Windows 7, 8, maupun 10.

Setelah Anda dapat programnya, jalankan dan nanti akan muncul tampilan seperti berikut. Klik Next.

cara install cisco packet tracer

License Agreement, pilih I accept the agreement. Klik Next.

cara install cisco packet tracer

Select Destination Location, biarkan tetap default pada C:\Program Files. Klik Next.

cara install cisco packet tracer

Select Star Menu Folder, klik Next.

cara install cisco packet tracer

Select Additional Tasks terdapat dua pilihan, Create a desktop icon dan Create a Quick Lunch icon. Klik Next.

cara install cisco packet tracer

Kemudian klik Install.

cara install cisco packet tracer

Proses installing, tunggu hingga selesai.

cara install cisco packet tracer

Setelah selesai, klik Finish.

cara install cisco packet tracer

Jika pertama kali kita menginstall dan menggunakan Cisco Packet Tracer akan muncul notice seperti dibawah. Klik OK.

cara install cisco packet tracer

Cisco Packet Tracer telah terinstall.

cara install cisco packet tracer

Setelah berhasil menginstallnya, Anda sudah bebas menggunakannya untuk membuat berbagai simulasi jaringan seperti cara membuat jaringan WANcara membuat jaringan client server, ataupun cara setting DHCP server di Cisco Packet Tracer.

Dengan software ini, dapat membantu Anda agar lebih bisa memahami sebuah fungsi jaringan mulai dari perancangannya sampai pembuatannya. Cisco Packet Tracer menjadi sebuah aplikasi wajib bagi yang ingin berkecimpung di dunia networking.

Salah satu hal basic dalam dunia networking yaitu mengetahui berapa IP address komputer/laptop. Jika Anda belum bisa, silakan cek cara mengecek IP laptop ini dan praktikkan agar lebih mudah dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Install Cisco Packet Tracer di Windows"