Penggunaan Rumus SUM, MAX, MIN dan AVERAGE di Microsoft Excel

Dengan menggunakan microsoft excel, maka pekerjaan Anda tentang menghitung pun akan sangat terbantu dan Anda tidak akan repot untuk melakukan perhitungan dengan kalkulator.

Solusinya adalah cukup untuk mengetahui rumus dasar dari microsoft excel yaitu sum, max, min dan average. Ketika pengguna mampu untuk mengaplikasikan rumus tersebut, maka secara otomatis pekerjaan mengghitung pun akan semakin cepat untuk dilakukan.

Alangkah lebih baiknya jika kita langsung mempraktekannya dengan mempersiapkan dokumen microsoft excel yang berisi data angka untuk dilakukan proses perhitungan. Contohnya adalah sebagai berikut :

Penggunaan Rumus SUM, MAX, MIN excel


1. SUM

Rumus SUM digunakan untuk operasi penjumlahan. Dan pengguna akan sangat tertotolong dengan rumus SUM apabila terdapat data yang banyak untuk dijumlahkan.
Dilihat dari data diatas, akan dilakukan penjumlahan dari kolom B4 sampai B7, maka rumus SUM dapat diketikan pada kolom B9, dengan format “=SUM(B4:B7)”, setelah itu klik enter untuk mendapatkan hasilnya.

2. MAX

Rumus MAX digunakan untuk mencari nilai maksimal atau angka terbesar pada suatu data yang terdapat pada lembar kerja microsoft excel.
Dari data B4 sampai B7, anda pasti akan menemukan angka maksimal dengan cepat, namun akan beda halnya jika data yang terdapat dalam lembar kerja sangat banyak.
Untuk mencari nilai maksimal, maka anda dapat melakukannya pada kolom B10 dengan mengetikan rumus “=MAX(B4:B7)” dan klik enter untuk menampilkan hasilnya.

Baca juga ya:
Cara Mudah dan Praktis Membuat Halaman di Office Word

Begini Cara Mudah Membedakan Posisi Halaman Judul Bab dan Halaman Isi di Office Word
Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

3. MIN

Rumus MIN digunakan untuk mencari nilai minimal atau nilai terkecil dari suatu data  yang terdapat pada lembar kerja microsoft excel.
Dari data yang terdapat dalam kolom B4 sampai B7, maka nilai minimal dapat diketahui dengan mengetikan rumus pada kolom B11 seperti “=MAX(B4:B7)” dan klik enter untuk mengetahui hasilnya

4. AVERAGE

Rumus AVERAGE digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata dari data yang ada.
Dengang menggunakan data tersebut, maka anda dapat mengetahui nilai AVERAGE pada kolom B12 dengan menetikan rumus “=AVERAGE(B4:B7)” dan klik enter untuk mengetahui hasilnya.
Berikut ini adalah lembar kerja excel dengan data- data yang sudah dilakukan operasi perhitungan oleh ke 4 rumus tersebut:

Penggunaan Rumus SUM, MAX, MIN excel




Tag : Excel
0 Komentar untuk "Penggunaan Rumus SUM, MAX, MIN dan AVERAGE di Microsoft Excel"