Operasi Perhitungan Dasar di Microsoft Excel

Beberapa pengguna microsoft excel pemula mungkin mengalami sedikit kesulitan dalam menggunakan software tersebut. Dalam hal ini pun, pengguna akan merasa kebingungan untuk melakukan operasi dasar pada microsoft excel.

Sebenarnya, ketika pengguna mengetahui pola dasar dari microsoft excel, maka melakukan operasi bilangan pun bukanlah hal yang sulit.

Untuk latihan, Anda dapat mencoba untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dan untuk melakukannya, tentu pengguna harus mengatuihi simbol dari operasi penjumlahan tersebut :

- Tambah (+)
- Kurang (-)
- Kali (*)
- Bagi (/)

Akan lebih baik apabila kita langsung mempraktikannya. Sebagai langkah awal, Anda persiapkan data seperti contoh berikut ini :



Yang harus Anda perhatkan adalah posisi baris dan kolom yang bisa Anda lihat pada gambar diatas.

Dari data diatas, maka operasi perhitungan yang akan dilakukan adalah jumlah makanan favorit dari laki-laki dan perempuan, atau operasi perhitungan akan dilakukan menyamping

1. Penjumlahan

Untuk melakukan penjumlahan makanan Seblak dari laki- laki dan perempuan, maka rumus dapat diketikan pada kolom D5. Rumus yang ditulis pun sngatlah sederhana yaitu “=B5+C5” dan klik enter untuk melihat hasilnya.

2. Pengurangan

Untuk melakukan pengurangan pun caranya sama dengan penjumlahan, hanya simbol operasi bilangan dan memperhatikan kolom saja.
Rumus penjumlahan dapat diketikan pada kolom D6 seperti “=B6-C6” dan klik enter untuk mengetahui hasilnya.

3. Perkalian

Operasi pengalian pun dilakukan hampir sama dengan operasi lainnya, cukup perhatikan kolom dan simbol operasi bilangan.
Rumus perkalian dapat ditulis pada kolom D7 yaitu “=B6*C7” dan klik enter untuk mengetahui hasilnya.

4. Pembagian

Masih berlaku tips yang sama yaitu perhatikan kolom dan simbol operasi bilangan. Rumus pembagian pun diketikan pada kolom D8. Rumusnya adalah “=B8/C8”

Berikut ini adalah lembar kerja yang telah dilakukan operasi bilangan dengan rumus tersebut:





Tag : Excel
0 Komentar untuk "Operasi Perhitungan Dasar di Microsoft Excel"