Menggunakan Rumus IF untuk Menentukan Kelulusan Berdasarkan Nilai

Ketika Anda menjadi pelaku di bidang pendidikan, mungkin di antara Anda ada yang sering bergelut dengan nilai ujian dari para siswa yang harus di rekap.

Mungkin Anda akan merasa sangat kerepotan ketika memilih data siswa dengan nilai tertentu untuk dinyatakan lulus atau tidak lulus.

Dengan menggunakan Microsoft Excel, Anda tidak akan kerepotan untuk memisahkan atau memilah data nilai yang lulus atau tidak lulus, terutama jika jumlah siswa dalam kelas cukup banyak.
Dengan menggunakan rumus IF, pekerjaan itu akan sangat cepat untuk diselesaikan. Untuk membuktikannya, Anda dapat membuka file nilai siswa kelas Anda. Sebagai contoh, saya menggunakan data berikut ini :



Dari data yang ada, maka keterangan yang diisi dengan LULUS atau TIDAK LULUS jika nilai ujian kurang dari 50. Untuk mengisinya, maka rumus IF akan ditulis pada kolom keterangan paling atas yaitu kolom E4 “=IF(D4<50;"Tidak Lulus";"Lulus")”. Rumus tersebut menunjukan bahwa “Jika Nilai pada kolom D4 kurang dari 50 maka dinyatakan Tidak Lulus, pada kondisi sebaliknya maka dinyatakan Lulus”. Setelah memasukan rumus, maka langkah terakhir adalah dengan mengklik enter untuk mengetahui hasilnya.

Pada gambar dibawah ini, hasil dari rumus tersebut menyatakan bahwa data pada D4 lebih dari 50 dan dapat dinyatakan Lulus.



Anda tidak perlu untuk berulang-ulang menulis rumus untuk 29 data lainnya. Anda cukup posisikan pointer pada pojok kanan hingga berbentuk “+” dan tarik hingga ke data terakhir. Berikut ini adalah hasilnya :






Tag : Excel
0 Komentar untuk "Menggunakan Rumus IF untuk Menentukan Kelulusan Berdasarkan Nilai"