Menggunakan Fitur Find and Replace di Microsoft Excel

Bekerja dengan banyak data di Microsoft Excel, mungkin pengguna akan merasa sedikit bingung untuk menemukan data yang dituju. Ketika mencari satu data dari banyaknya data yang terdapat dalam workbook, maka waktu pun perlu untuk diperhitungkan. Jangan sampai hanya untuk sebuah data, pengguna membuang banyak waktu untuk mencarinya, apalagi jika akan melakukan perubahan pada data terseut.

Dengan menggunakan fitur find and replace yang sudah terdapat dalam Microsoft Excel, perihal mencari data pun akan sangat mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah data siswa yang berisi nama ayah dan ibunya yang masih dalam kondisi acak.

menggunakan fitur find and replace excel


Jika terdapat kasus seseorang mencari nama “Smith” entah itu siswa atau orang tua, maka akan lebih cepat jika menggunakan fitur find and replace dibandingkan dengan Mencari Manual dari data ke data.

Langkah yang harus dilakukan untuk mencari nama “Smith” adalah:

Pastikan bahwa anda sudah membuka workspace anda dan pada menu Home pilih Find and Select yang sudah berada di sebelah kanan dan klik Find:

menggunakan fitur find and replace excel

Setelah muncul tampilan berikut ini, maka inputkan Nama yang akan dicari yaitu Smith
Kemudian klik Find, pengguna dapat memilih Find All atau Find Next, contoh Find All pada gambar berikut ini:
menggunakan fitur find and replace excel

Dalam data yang terdapat di sheet Microsoft Excel tersebut ditunjukan bahwa terdapat 3 data “Smith”.

Kasus berikutnya adalah mengganti data “Smith” menjadi “Smiithe”. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengganti data tersebut termasuk dengan menggunakan cara cepat yaitu menggunakan fitur Replace. Untuk mengakses fitur tersebut terdapat di Home dan Klik Find & Select dan klik Replace.
menggunakan fitur find and replace excel

Kemudian muncul tampilan seperti berikut ini :

menggunakan fitur find and replace excel

Pengguna dapat memilih Replace All atau Replace Next. Jika memilih Replace All, maka semua data “Smith” akan diganti menjadi “Smithe”. Namun jika memilih Replace Next, maka data akan diganti satu persatu. Pemilihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.




Tag : Excel
0 Komentar untuk "Menggunakan Fitur Find and Replace di Microsoft Excel"