Cara Membuat Ranking Kelas Berdasarkan Nilai di Microsoft Excel

Berkecimpung di dunia pendidikan memang tidak lepas dari proses mengajar dan memberikan penilaian kepada siswa. Cara pemberian nilai pun memiliki standar tersendiri, namun apa yang akan dilakukan jika semua nilai sudah terkumpul dan Anda harus menghitungnya hingga ditemukan juara kelas dengan nilai tertinggi atau bahkan merannking semua pelajar di kelas hingga ke urutan terakhir.

Jika menggunakan cara manual, tentu saja Anda membuang waktu yang sangat banyak. Anda dapat merangking dengan cepat dan menggunakan rumus yang mudah di Microsoft Excel.

Untuk mulai meranking, terlebih dahulu persiapkan data nilai siswa seperti contoh berikut.

Membuat Rangking Kelas Berdasarkan Nilai di Microsoft Excel

Ranking akan ditampilkan pada kolom H4 hingga H33. Adapun rumus ranking di Microsoft Excel sangatlah sederhana yaitu “=RANK(number,ref,order)”.

Number pada rumus ranking bermaksud pada nilai yang akan dijadikan sebagai dasar rannking. Pada data yang dijadikan sebagai contoh, tentu saja mengacu pada data nilai ujian yang dimulai dari kolom F4.

Ref pada rumus ranking mengacu pada range yang dijadikan nilai absolut dari kolom yang menjadi dasar ranking yaitu kolom F dengan range $F$4:$F$33.

Order dalam rumus ranking pun dimaksudkan pada pengurutan data. Namun sebenarnya order disini bersifat opsional, jika diberi nilai 0 maka ranking akan diurutkan dari nilai tertinggi sedangkan jika diberi nilai 1 maka ranking akan diurutkan dari nilai terendah.

Baca juga ya:
Mengubah Format Data ke Format Mata Uang di Microsoft Excel
Cara Menghitung Persentase Modal dan Keuntungan Usaha di Microsoft Excel
Operasi Perhitungan Dasar di Microsoft Excel



Langkah selanjutnya adalah:

Memasukan rumus pada kolom H4 yaitu “=RANK(F4;$F$4:$F$33;0)” kemudian tekan enter untuk menampilkan hasilnya.

Berikut ini adalah hasil dari pembuatan ranking dengan rumus sederhana.

Membuat Rangking Kelas Berdasarkan Nilai di Microsoft Excel

Untuk kolom lainnya Anda tidak perlu memasukan rumus kembali Anda cukup untuk menyimpan kursor di ujung kolom H4 hingga berbentuk "+" dan tarik hingga data terakhir.

Data ranking ditampilkan dengan nilai tertinggi dengan ranking 1 dan nilai terendah mendapatkan ranking terendah.


Tag : Excel
0 Komentar untuk "Cara Membuat Ranking Kelas Berdasarkan Nilai di Microsoft Excel"