Cara Mengurutkan atau Sorting Data di Microsoft Excel

Memiliki data yang tersusun dengan baik dan sesuai kebutuhan pun akan mempermudah pengguna dalam memeriksa data pada lembar kerjanya.

Penggguna tidak perlu untuk memilih dan mengurutkan datanya satu per satu dan secara manual karena dalam Microsoft Excel pun sudah terdapat fitur Sort.

Misalkan, Anda memiliki 30 nama siswa yang harus disusun berdasarkan alpabet. Sebagai contoh, Anda dapat melihat gambar berikut ini :



Untuk melakukan pengurutan berdasarkan alpabet, maka Anda dapat memilih apakah data akan disusun ascending atau descending.

Sort Ascending

Jika Anda memilih sortir ascending, maka data yang Anda miliki dalam lembar kerja Anda akan diurutkan dari nilai terkecil hingga nilai terbesar dan jika alpabet maka akan diurutkan dari a sampai z.

Sort Descending

Teknik pengurutan ini adalah kebalikan dari sort ascending, artinya data ini akan diurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil atau dari z hingga ke a.

Tentu saja pengguna dapat memilih teknik pegurutan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Misalkan, kita akan mengurutkan nama siswa berdasarkan alpabet dari a-z. Maka untuk melakukan itu pastikan bahwa Anda telah membuka dokumen yang akan diurutkan dan blok data atau kolom yang akan diurutkan. Setelah itu, maka klik menu Home dan Klik sub menu Sort & Filter. Disana terdapat pilihan untuk Sort dari a-z atau Sort dari z-a.
Anda dapat melihat gambar berikut ini :



Dalam mengurutkan nama pada lembar kerja ini saya memilih untuk Sort Ascending atau mengurutkannya dari a-z.
Berikut ini adalah tampilan data setealah di urutkan:



Sangat mudah kan?




Tag : Excel
0 Komentar untuk "Cara Mengurutkan atau Sorting Data di Microsoft Excel"