4 Tips Mencegah Dan Mengatasi Kesalahan Saat Interview Kerja

tips wawancara kerja

Ketika akan memasuki dunia kerja, interview atau wawancara adalah tahap yang pasti akan Anda lalui. Pewawancara akan menilai Anda secara langsung mulai dari A sampai Z; misalnya gestur tubuh Anda, gaya berpakaian Anda rapi atau tidak, cara respon Anda menjawab pertanyaan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu mencari tahu tips-tips yang dibutuhkan agar proses wawancara kerja Anda berjalan lancar dan sempurna. Sehingga, Anda dinilai bagus oleh pewawancara dan dengan demikian, peluang Anda diterima untuk bekerja semakin besar.

Berikut ini 4 tips dari kami untuk Anda cara mencegah dan mengatasi kesalahan di saat wawancara kerja.

1. Jika Datang Terlambat

tips wawancara

Datang terlambat saat ingin wawancara kerja merupakan salah satu kesalahan yang fatal. Sebab ini kesalahan yang menunjukkan kredibilitas Anda di depan pewawancara.

Apabila Anda meminta maaf, Anda menunjukkan bahwa Anda sadar telah melakukan kesalahan. Hindari alasan yang terlalu dibuat-buat. Akan lebih baik bila Anda mengabari sebelumnya melalui telepon bahwa Anda akan telat.

2. Apabila Ponsel Berdering

tips wawancara

Jika di saat proses wawancara berlangsung ponsel Anda berdering, yang harus Anda lakukan yaitu segera mematikan dering ponsel tersebut dan langsung meminta maaf kepada pewawancara. Kemudian meminta izin sebentar untuk mengubah mode ponsel dari berdering menjadi bergetar atau silent.

3. Saat Mendadak Buyar

tips wawancara

Banyak calon pekerja yang saat diwawancara tiba-tiba tak bisa berpikir atau mendadak buyar dan tak bisa menangkap maksud dari pertanyaan si pewawancara. Apabila ini terjadi pada Anda, jangan sampai Anda menjawab dengan asal atau sekenanya.

Yang harus dilakukan yaitu tanyakan kembali pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara. Sehingga Anda bisa yakin dengan pertanyaan tersebut beserta jawabannya.

4. Tak Sengaja Berbicara Keburukan

tips wawancara

Tak sedikit calon karyawan yang saat diwawancara tanpa sadar mereka membicarakan keburukan perusahaan, atasan, dan rekan kerja sebelumnya. Tentunya ini tidak akan terdengar baik di depan pewawancara.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa langsung mengubah topik menjadi lebih positif. Misalnya, ceritakan bahwa Anda dapat pengalaman yang banyak dan bermanfaat, Anda bekerja sama dengan rekan kerja yang hebat dan kompeten, Anda dipimpin oleh seorang atasan yang mengerti Anda, dan hal positif lainnya.

Demikian 4 tips mencegah dan mengatasi kesalahan saat interview atau wawancara kerja. Semoga dapat membantu Anda dalam menjalani proses wawancara kerja. Sehingga Anda mendapatkan penilaian terbaik dan tentunya diterima kerja oleh perusahaan yang Anda inginkan.




Tag : TopList
0 Komentar untuk "4 Tips Mencegah Dan Mengatasi Kesalahan Saat Interview Kerja"