Cara Membuat Program Penentu Angka Ganjil atau Genap dari Bahasa C Lengkap dengan Penjelasannya

membuat program penentu ganjil bahasa c

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat terkenal di dunia. Beragam program telah diciptakan dari bahasa ini. Bahkan, ada sebuah sistem operasi yang pernah dibangun dengan bahasa ini, yakni UNIX.

Agar dapat membuat sebuah program menggunakan bahasa C dengan lebih mudah, kita dapat menggunakan software text editor yang di dalamnya terdapat fitur compiler. Program yang sudah ditulis dengan bahasa C akan di-compile terlebih dahulu.

Compile adalah proses pengubahan kode program (source code) menjadi kode objek atau sebuah file. Setelah itu, barulah program tersebut dapat berjalan.

Kalau saya, software yang digunakan yaitu Dev-C++ versi 5.11. Anda bisa mengunduhnya disini: https://sourceforge.net/projects/orwelldevcpp/. Kalau mau pakai yang lain, monggo saja. Ohiya, software ini nggak berbayar, alias gratis.

membuat program penentu angka ganjil genap atau prima

Untuk lebih jelas dan lengkapnya apa itu bahasa C, Anda bisa menemukan banyak referensinya di internet. Salah satunya di website tutorialspoint pada link berikut: https://www.tutorialspoint.com/cprogramming/c_overview.htm.

Sesuai dengan judul, postingan ini hanya akan membahas cara membuat sebuah program sederhana yang fungsinya dapat menentukan suatu bilangan apakah bilangan itu ganjil atau genap. Berikut step by step-nya.

1. Jalankan software Dev-C++ dan buat file baru

Untuk membuat file baru, klik File > New > Source File. Bisa juga menggunakan keyboard shortcut dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+N.

membuat program penentu angka ganjil bahasa c

Setelah itu, akan terbuka workspace baru atau tempat kita melakukan koding. Seperti ini tampilannya.

membuat program penentu ganjil bahasa c

Nggak selalu hitam latar belakang workspacenya. Ini karena saya ubah. Secara default berwarna putih.

2. Buat codingannya

Setelah muncul workspacenya, kita sudah bisa mulai ngoding. Koding berikut merupakan program sederhana untuk menentukan apakah suatu bilangan itu ganjil atau bukan.

#include<stdio.h>
int main(){
  int Bilangannya;
  printf("Apakah ini bilangan ganjil?");
  printf("\n");
  printf("Masukkan angkanya disini: ");
  scanf("%d", &Bilangannya);
  if(Bilangannya %2 == 1)
    printf("Ya, ini bilangan ganjil.");
  else
    printf("Bukan, ini bukan bilangan ganjil.");
}

Sudah? Selanjutnya, klik Execute lalu klik lagi Compile & Run. Karena kodingan tersebut belum tersimpan dalam suatu file, maka akan muncul pop-up penyimpanan file.

membuat program penentu ganjil bahasa c

membuat program penentu ganjil bahasa c

Tentukan folder penyimpanannya. Kemudian, simpan file dengan ekstensi .c. Selanjutnya, koding akan dikompilasi sehingga dapat berjalan. Jika selesai dikompilasi, secara otomatis program akan tampil.

membuat program penentu ganjil bahasa c

Kalau sudah seperti di atas, kita sudah bisa menginput suatu bilangan untuk dicek apakah termasuk bilangan ganjil atau bukan. Pertama, kita masukkan 20 dan lihat hasilnya.

membuat program penentu ganjil bahasa c

Program menampilkan "Bukan, ini bukan bilangan ganjil." dan memang angka 20 itu bukan bilangan ganjil, melainkan bilangan genap. Bagaimana kalau kita input angka 21.

Untuk memasukkan angka lagi, kita harus close terlebih dahulu programnya. Tak ada koding yang diubah. Setelah itu, klik Execute lalu pilih Run. Jika ada perubahan koding, maka yang dipilih adalah Compile & Run.

membuat program penentu angka ganjil bahasa c

Program akan berjalan, lalu masukkan angka 21. Seperti ini hasilnya.

membuat program penentu ganjil bahasa c

Ternyata benar hasilnya. Angka 21 memang merupakan bilangan ganjil. Artinya, program sudah dapat berjalan dan juga berfungsi dengan baik. Selanjutnya, kita bahas kodingannya.

3. Penjelasan koding

Tadi kita sudah melakukan koding dan seperti ini kodingnya.

#include<stdio.h>
int main(){
  int Bilangannya;
  printf("Apakah ini bilangan ganjil?");
  printf("\n");
  printf("Masukkan angkanya disini: ");
  scanf("%d", &Bilangannya);
  if(Bilangannya %2 == 1)
    printf("Ya, ini bilangan ganjil.");
  else
    printf("Bukan, ini bukan bilangan ganjil.");
}

Baris pertama, yakni #include<stdio.h>, berfungsi untuk memanggil file header stdio.h yang mana file header tersebut digunakan untuk operasi input-output. File header merupakan kumpulan library fungsi-fungsi yang dapat menunjang kemampuan program yang akan dibuat.

Baris kedua, yakni int main(){...}, berfungsi sebagai wadah utama untuk kodingan program yang akan dibuat. Semua kodingan yang ada di dalam code ini akan dieksekusi.

Baris ketiga, yakni int Bilangannya, merupakan variabel dengan tipe data integer untuk menampung angka yang diinput.

Baris, keempat sampai keenam, yakni fungsi printf(), berfungsi untuk mencetak teks atau string di program. Kalau code \n ini, berfungsi untuk pindah baris baru.

Baris ketujuh, fungsi scanf("%d", &Bilangannya), berfungsi untuk menerima dan membaca data yang diinput. Parameter "%d" artinya ia hanya akan menerima dan membaca data bertipe integer. Parameter &Bilangannya berfungsi sebagai tempat menampung data yang telah diterima dan dibaca.

Baris kedelapan sampai kesebelas, disinilah inti dari program yang kita buat. Konsepnya adalah dengan menggunakan modulus. Modulus merupakan sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian dari suatu bilangan terhadap bilangan lainnya. Dilambangkan dengan "%".

Jadi, suatu bilangan dikatakan ganjil jika menghasilkan sisa pembagian dari angka 2 sama dengan 1. Contohnya, 5 modulus 2 (5%2) hasilnya adalah 1. Sebab, 5 dibagi 2 hanya mendapat angka 2 dan menyisakan angka 1.

if(Bilangan %2 == 1), artinya jika angka yang diinput dan tersimpan dalam variabel Bilangan modulus 2 hasilnya sama dengan 1, maka printf("Ya, ini bilangan ganjil."), cetak teks "Ya, ini bilangan ganjil".

Jika tidak sama dengan 1, maka printf("Bukan, ini bukan bilangan ganjil."), cetak teks "Bukan, ini bukan bilangan ganjil.". Kata ini juga bisa diganti dengan "Bukan, ini bilangan genap.".

4. Membuat program penentu angka genap

Bagaimana kalau program menentukan angka genap? Secara keseluruhan bentuk kodingnya hampir sama dengan koding di atas. Bedanya ada pada nilai modulusnya.

Jika program penentu angka ganjil bermodulus 1, maka program penentu angka genap bermodulus 0. Karena, angka genap bila dibagi dengan 2 hasilnya tak ada sisa. Misal, 20 dibagi 2 hasilnya 10 dan sisanya 0.

Jadi, kodingnya akan menjadi seperti ini.

#include<stdio.h>
int main(){
  int Bilangannya;
  printf("Apakah ini bilangan ganjil?");
  printf("\n");
  printf("Masukkan angkanya disini: ");
  scanf("%d", &Bilangannya);
  if(Bilangannya %2 == 0)
    printf("Ya, ini bilangan genap.");
  else
    printf("Bukan, ini bukan bilangan genap.");
}

5. Selesai..

Nah, begitulah cara membuat program penentu angka ganjil atau genap dengan menggunakan bahasa C. Sebaiknya, setelah membaca ini segera dipraktikkan supaya dapat lebih mudah dipahami. Nggak ngawang-ngawang lagi.

Sepertinya agak panjang ya postingan ini. Nggak apa-apa deh, asal jelas dan lengkap. Jangan bosan bacanya ya. Selamat mencoba.



0 Komentar untuk "Cara Membuat Program Penentu Angka Ganjil atau Genap dari Bahasa C Lengkap dengan Penjelasannya"