Cara Cepat dan Praktis Menghapus 100+ Bahkan 2.600+ Email di Gmail

cara menghapus email gmail

Sudah banyak orang di berbagai belahan dunia menggunakan email gratisan yang disediakan oleh sang raksasa internet, Google. Penggunaannya yang mudah, tampilan yang sederhana, hanya sedikit iklan, dan kinerja yang cepat menjadi alasan utama untuk memakainya.

Sering email-email-an, daftar akun di sana-sini yang harus pakai email, inbox kita jadi sering menerima email. Padahal, nggak semua email itu penting. Malah, terbilang email spam. Untuk itu, kita harus membersihkannya.

Nggak perlu sekali sehari atau bahkan sampai tiga kali sehari (udah kaya minum obat!). Tapi, cukup sebulan sekali atau 2 bulan sekali atau ..., di sesuaikan saja.

Secara default, tampilan daftar email yang masuk, maksimalnya hanya 50 email. Itu artinya, jika kita beri ceklis pada tombol ceklis, hanya 50 email saja yang terpilih. Dan jika ingin menghapus, berarti hanya 50 email saja yang akan terhapus.

cara menghapus email gmail

Kalau hanya ada email sekitar 50 - 300 sih tak masalah. Bagaimana kalau email yang ingin dihapus, jumlahnya lebih dari 500 bahkan ribuan? Itu jelas memakan waktu yang tak sedikit. Menghapus 50, selesai, hapus lagi 50, selesai, hapus lagi 50 lagi, dst. Yo capek to!

Untungnya, Gmail menyediakan fitur untuk menghapus seluruh email yang ada. Cara ini dapat menghapus ratusan bahkan ribuan email sekaligus dengan cepat. Begini caranya.

Menghapus 100+ email Gmail

Kita akan coba menghapus seluruh email (ada 133 email) yang ada inbox utama (biasanya ada inbox Sosial dan Promosi juga). Beri ceklis pada tombol ceklis, maka akan terpilih 50 email. Jika sudah, maka akan muncul tulisan "50 percakapan di laman ini seluruhnya telah dipilih. Pilih 133 percakapan di Utama seluruhnya".

cara menghapus email gmail

Kalau kita langsung klik tombol tempat sampah, maka 50 email akan terhapus. Tapi, jika kita meng-klik terlebih dahulu link "Pilih 133 percakapan di Utama seluruhnya", maka akan terhapus semua dan inbox Utama kita menjadi bersih.

cara menghapus email gmail

Setelah link "Pilih 133 percakapan di Utama seluruhnya" di klik, muncul tulisan seperti di atas. Lalu, klik tombol tempat sampah. Maka akan muncul pop-up untuk konfirmasi penghapusan seluruh email.

cara menghapus email gmail

Terakhir, klik Oke.

Dan sekarang, inbox Utama sudah bersih.

cara menghapus email gmail

Menghapus 2.600+ email Gmail

Tadi kan hanya ratusan, bagaimana kalau ada ribuan? Tak masalah. Bisa dan caranya pun sama seperti di atas. Berbeda inbox? Tak masalah. Contohnya, Ane ingin menghapus 2.645 email yang ada di inbox Sosial.

cara menghapus email gmail

Klik tombol tempat sampah, dan 2.645 email pun terhapus. Inbox Sosial kini sudah bersih.

cara menghapus email gmail

Menghapus seluruh email yang ada di Trash atau Kotak Sampah

Semua email yang telah dihapus dari inbox akan bermuara ke Trash atau Kotak Sampah. Disinilah tempat terakhir email yang sudah dihapus. Jika Kotak Sampah dibersihkan, maka email akan terhapus secara permanen.

Lalu, bagaimana menghapus seluruh email yang ada di sini? Caranya lebih mudah dari cara di atas. Tanpa perlu mengklik tombol ceklis terlebih dahulu, Gmail sudah menyiapkan link "Kosongkan Kotak Sampah sekarang". 

cara menghapus email gmail

cara menghapus email gmail

cara menghapus email gmail

Dan sekarang, Kotak Sampah pun bersih. Cepat dan mudah, kan? Bisa menghemat waktu sehingga kita bisa mengerjakan hal-hal lain.

Ohiya, sesuaikan juga ya kalau bahasa yang dipakai adalah B.Inggris. Sudah pasti link kata-kata di atas akan berubah.

Begitulah cara cepat dan praktis menghapus ratusan bahkan ribuan email Gmail. Merasakan manfaatnya setelah baca ini? Ayo share ke teman-teman supaya merasakan manfaatnya juga!


Tag : TipsTrick
0 Komentar untuk "Cara Cepat dan Praktis Menghapus 100+ Bahkan 2.600+ Email di Gmail"