Beginilah Penampakan Asli 7 Pemandangan Alam Khas Indonesia yang Tergambar di Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2016

7 pemandangan alam yang ada di uang kertas terbaru

Uang kertas rupiah baru yang diluncurkan pemerintah dan Bank Indonesia pada Senin (19/12) lalu memang memiliki desain yang apik dan memuat berbagai unsur di dalamnya. Unsur-unsurnya digambarkan pada kedua sisi uang kertas tersebut.

Jangan lewatkan: Inilah Ciri-Ciri Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2016 yang Diluncurkan Bank Indonesia di Penghujung Tahun 2016

Ada unsur tokoh pahlawan nasional, unsur flora yang menampilkan gambar bunga-bunga khas Indonesia, ada unsur kesenian yang berupa tari tradisonal, dan ada pula unsur objek wisata yang ada di Indonesia.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri 7 Bunga Khas Indonesia yang Ada di Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2016

Postingan kali ini akan membahas unsur yang terakhir, yakni unsur objek wisata yang ada di Indonesia. Di ketujuh uang kertas baru yang sudah diluncurkan, terselip pula gambar pemandangan alam objek wisata.

Lalu bagaimana sih penampakan asli dari pemandangan-pemandangan alam yang tergambar pada uang kertas baru tersebut? Ini dia.

1. Pemandangan alam Raja Ampat

pemandangan alam raja ampat
Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 100 ribu, tergambar pemandangan alam Raja Ampat. Raja Ampat terkenal dengan pulau-pulaunya yang berwarna hijau dan air lautnya yang berwarna zamrud kebiruan serta keindahan alam bawah lautnya.

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat paruh burung pulau Papua dan termasuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Terdapat empat gugusan pulau terbesar di kepulauan ini, yakni Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

pemandangan alam raja ampat

pemandangan alam raja ampat

2. Pemandangan alam Taman Nasional Komodo

pemandangan alam taman nasional komodo

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 50 ribu, terdapat pemandangan alam Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo terkenal dengan hewan langkanya yakni Komodo dan kecantikan pulau-pulaunya.

Taman Nasional Komodo berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia bagian timur. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. 

taman nasional komodo

taman nasional komodo

3. Pemandangan alam Derawan

pemandangan alam kepulauan derawan

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 20 ribu, terdapat pemandangan alam pemandangan alam Kepulauan Derawan. Kepulauan ini terkenal dengan keindahan pantai dan pulaunya serta kecantikan alam bawah lautnya.

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di deretan kepulauan ini, ada empat pulau yang terkenal, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban.

pemandangan alam kepulauan derawan

pemandangan alam kepulauan derawan

4. Pemandangan alam Taman Nasional Wakatobi

pemandangan alam taman nasional wakatobi

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 10 ribu, terdapat gambar pemandangan alam bawah laut Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional ini terkenal dengan kecantikan alam bawah lautnya dan keindahan pantainya.

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Ikan yang hidup di terumbu karang tersebut pun cukup beragam spesiesnya.

pemandangan alam taman nasional wakatobi

pemandangan alam taman nasional wakatobi

5. Pemandangan alam Gunung Bromo

pemandangan alam gunung bromo

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 5 ribu, terdapat gambar pemandangan alam Gunung Bromo. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan memiliki ketinggian 2.329 mdpl. 

Gunung Bromo masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan berada dalam empat kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Gunung ini dikelilingi oleh lautan pasir seluas sekitar 10 km persegi.

pemandangan alam gunung bromo

pemandangan alam gunung bromo


6. Pemandangan alam Ngarai Sianok

pemandangan alam ngarai sianok

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan Rp 2 ribu, terdapat gambar pemandangan alam Ngarai Sianok. Ngarai adalah sebuah lembah curam (jurang). Ngarai ini terkenal dengan keindahan panoramanya yang menakjubkan.

Ngarai Sianok terletak di perbatasan kota Bukittingi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai ini memiliki kedalaman jurang mencapai 100 m dengan lebar sekitar 200 m dan membentang sepanjang 15 km.

pemandangan alam ngarai sianok

pemandangan alam ngarai sianok




Baca juga ya..


7. Pemandangan alam Banda Naira

pemandangan alam kepulauan banda naira

Di sisi belakang uang kertas baru pecahan seribu rupiah, terdapat gambar pemandangan alam Pulau Banda Naira. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan terdapat berbagai tempat sejarah seperti Benteng Belgica, rumah pengasingan Bung Hatta, Gereja Tua Banda, dan masih banyak lagi.

Banda Neira atau juga disebut dengan Banda Naira merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Banda yang letaknya di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Ada 6 desa di pulau ini, yakni Desa Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

pemandangan alam banda naira

pemandangan alam banda naira


Tag : TopList
0 Komentar untuk "Beginilah Penampakan Asli 7 Pemandangan Alam Khas Indonesia yang Tergambar di Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2016"