Cara Membuat Favicon Blog Gratis dan Mudah Tanpa Install Aplikasi Apapun

Favicon adalah gambar kecil berbentuk persegi yang berformat .ico yang digunakan sebagai ikon dari sebuah blog atau website. Favicon ini letaknya ada di sebelah kiri tab web browser.

Seperti ini.

cara membuat favicon blog

Favicon ini berguna untuk menambah identitas blog dan menandakan kalau itu adalah ikon dari blog tersebut. Kan lebih keren tuh kalau saat buka blog, di tab web browsernya ada ikon blognya. Jadi lebih khas lah.

Cara membuatnya juga nggak sulit kok. Bisa pakai software desain grafis, bisa juga pakai tools online seperti yang bakal ane tunjukkan ini.

Nama toolsnya yakni favicon generator. Tools ini akan men-generate gambar ikon dari gambar yang diupload. Jadi, harus kita siapkan dulu gambarnya yang ingin dijadikan sebagai favicon.

Supaya hasilnya bagus, bentuk gambarnya harus persegi. Jika sudah, buka favicon generatornya di http://www.favicon-generator.org/. Bisa juga ketik di google search  "favicon generator". Tools-nya akan muncul di paling atas.

membuat favicon blog

Kalau sudah dibuka, seperti ini tampilan tools-nya.

membuat favicon blog

Pilih gambar yang mau dijadikan favicon. Lalu pilih Generate only 16x16 favicon.ico. Jika sudah, klik tombol Create Favicon. Tools-nya akan men-generate favicon dari gambar yang diupload tadi.

Jikak proses generate sudah selesai, akan muncul pop-pup "Please Share!". Klik tombol Close.

membuat favicon blog

Favicon yang sudah tergenerate dapat kita download dengan mengklik Download the generated favicon. Lihat gambar yang dilingkari merah berikut ini.

membuat favicon blog

Dan hasilnya favicon-nya seperti ini.

Baca juga ya..
Bikin Terharu dan Sangat Memotivasi, 6 Video Iklan Thailand Ini Rugi Kalau Ente Lewatkan
Tutorial Formating Text HTML: Cara Membuat Huruf Miring di HTML
Tutorial HTML Lanjutan: Perbedaan Block Element dan Inline Element

membuat favicon blog

Itulah cara membuat favicon blog dengan tools online Favicon Generator. Gratis dan nggak perlu install aplikasi, favicon sudah bisa dibuat.

Namun, gambar yang mau dijadikan favicon harus dipersiapkan lebih dulu. Tools ini bukanlah pembuat favicon dari nol, melainkan membuat favicon dari gambar yang sudah ada.


0 Komentar untuk "Cara Membuat Favicon Blog Gratis dan Mudah Tanpa Install Aplikasi Apapun"