Cara Mudah Membedakan Berita Hoax atau Asli di Dunia Maya Supaya Terhindar Dari Asal Share



Sekarang ini zamannya gadget dan internet. Gadget keren harga murah + paket internet kuota yang gede tapi harga murah = netizen makin banyak.

Inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian oknum pembuat berita hoax alias palsu. Mereka tidak peduli berita yang mereka buat itu asli atau hoax, yang penting adalah berita tersebut mendapat perhatian banyak banyak orang.

Demi keuntungan mereka.

cara membedakan berita hoax atau asli
Apalagi, di sos-med. Di sini, berita menyebar bagaikan kilat yang menyambar. Bisa jadi lebih cepat mungkin. Tanpa di crosscheck terlebih dahulu, di kliklah tombol like dan share.

Kita harus teliti dan waspada dalam berinternet ria dan bersos-med ria agar kita tidak menjadi orang yang ikut menyebarkan berita hoax.

Bagaimana caranya?

1. Gunakan Google Images

Untuk membuat berita semakin menarik, biasanya sebuah berita ditambahkan gambar yang membuat orang semakin penasaran dan menarik daya klik pengunjung.

Contohnya gambar ini gan.


Pernah lihat gambar di atas? Gambar di atas menjadi viral karena berita yang dibawa mengatakan bahwa itu adalah seorang anak Syria yang tidur di antara kuburan kedua orangtuanya.

Padahal kenyataannya adalah gambar tersebut merupakan hasil karya seorang fotografer bernama Abdul Aziz al Otaibi untuk keperluan seni. Dan anak pada gambar itu adalah keponakannya yang diminta menjadi modelnya.

cara membedakan berita hoax atau asli


Dengan bantuan Google Image (https://images.google.com/), kita akan mendapatkan link-link halaman yang berisi penjelasan seputar gambar di atas dan yang memuat gambar serupa. 

Sehingga kita lebih banyak mendapat informasi soal gambar tersebut dan menahan untuk tidak latah membagi berita tersebut.

cara membedakan berita hoax atau asli

2. Meng-crosscheck judul dan isi berita

Ini yang sering kali dilewatkan oleh sebagian netizen. Cukup baca berita sekali, menurut mereka isinya bagus, kemudian mereka share. Nggak di-crosscheck terlebih dulu sebelum share.

Kita bisa crossheck berita dari judulnya dulu di Google (https://www.google.co.id/). Lalu lihat hasilnya, apakah ada web lain yang menampilkan berita serupa. 

Jika ada dan web tersebut kredibel, maka bandingkan isinya. Bila inti beritanya sama, berarti berita tersebut valid.

Jika hanya web itu sendiri yang muncul, kemungkinan besar berita tersebut hoax.

Baca juga ya..

3. Kenali ciri-ciri berita hoax

Tujuan berita hoax adalah supaya heboh dan mendapat perhatian banyak orang. Itulah yang sering dan bahkan selalu, berita hoax punya isi yang bertentangan dengan logika umum atau yang sudah sewajarnya.

Berita hoax juga menggunakan istilah yang terkesan ilmiah dan bahkan mencatut nama ilmuan atau narasumber. Padahal belum tentu nama ilmuan/narasumber itu benar-benar ada, atau ilmuan/narasumber tersebut tidak mengeluarkan pernyataan yang dimuat oleh berita hoax.

Kalimat berita hoax suka mendorong pembacanya untuk menyebarluaskan berita tersebut. Sumber beritanya juga tidak jelas identitasnya. Tidak ada link sumber yang mendukung informasi yang dimuat.

cara membedakan berita hoax atau asli

cara membedakan berita hoax atau asli

Berita hoax juga menggunakan bahasa dan isi yang emosional, seperti "Darurat", "Bahaya", "Awas", "Jangan sampai terlambat", "bayi yang sekarat butuh pertolongan", "Selamat, Anda beruntung mendapatkan hadiah satu milyar.", dan lain sebagainya.

Penggunaan huruf kapital juga sering kali ada di berita hoax, seperti "HATI-HATI!", "INI KISAH NYATA", "TELAH TERJADI", "BUKAN HOAX", dan macam serupa lainnya.

Kita harus cerdas dalam berinternet ria dan bersos-med ria sehingga tujuan dan fungsi sebenarnya dari kedua hal itu tercapai dan tidak salah arah.

Itulah cara mudah membedakan berita hoax atau asli di dunia maya. Semoga postingan ini bisa membantu kita mem-filter berita-berita yang hadir di hadapan kita.

Semoga bermanfaat.



Tag : TipsTrick
0 Komentar untuk "Cara Mudah Membedakan Berita Hoax atau Asli di Dunia Maya Supaya Terhindar Dari Asal Share"