Tanda-Tanda Tubuh Ente Kurang Darah dan Cara Mengatasinya

Tanda-tanda tubuh ente kurang darah atau anemia dapat terlihat dari timbulnya berbagai penyakit di tubuh ente.

Sering pusing, mudah ngantuk adalah salah dua dari tanda-tanda tubuh ente kurang darah. Cara mengatasi kurang darah juga tidak sulit dilakukan, asal dilakukan secara rutin.

tanda tanda kurang darah


Kurang darah atau anemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah atau trombosit yang ada di dalam tubuh mengalami penurunan.

Sebabnya, sel darah merah pada tubuh hanya sedikit yang diproduksi dan atau tubuh kehilangan banyak sel darah merah atau trombosit.

Timbulnya kondisi demikian bisa diakibatkan oleh bermacam hal, bisa terjadi karena kebiasaan atau pola hidup yang kurang tepat, bisa terjadi juga karena faktor keturunan, atau sebab suatu kejadian yang tidak diinginkan yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak darah.

Tubuh yang mengalami penurunan sel darah merah atau trombosit akan menimbulkan berbagai penyakit.

Tentu saja ini akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Kurang darah membuat tubuh tidak bisa beraktivitas secara normal.

Untuk itu, tanda-tanda tubuh yang kurang darah harus dikenali agar dapat segera diatasi dan tidak dibiarkan berangsur-angsur. Berikut tanda-tanda tersebut.

Tanda-tanda tubuh kekurangan darah

Beberapa bagian tubuh menjadi pucat

tanda tanda kurang darah

Kurang darah yang menimpa seseorang akan menyebabkan kulit pada tubuh orang itu terlihat pucat, terutama pada bagian wajah.

Kelopak mata bagian dalam akan terlihat tidak merah seperti halnya pada orang yang tidak mengalami kurang darah, justru akan terlihat pucat.

Kelopak mata merupakan bagian yang paling mudah dideteksi untuk memastikan apakah tubuh ente mengalami penurunan merah atau tidak. Selain wajah, kuku dan telapak tangan juga akan terlihat pucat.

Tubuh sering merasa lelah

ciri ciri kurang darah

Tubuh yang kurang darah akan cepat merasa lelah, sekalipun hanya untuk beraktivitas yang ringan-ringan saja.

Berkurangnya sel darah merah pada tubuh menyebabkan proses oksidasi yang dilakukan oleh sel darah merah berkurang.

Sehingga kadar oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh juga berkurang. Selain itu, tubuh akan menjadi lemas. Beraktivitas pun menjadi malas dan tidak bersemangat.

Kepala pusing

tanda kurang darah

Tanda tubuh kurang darah selanjutnya yaitu kepala sering merasa pusing. Banyak orang beranggapan pusing hanyalah penyakit demam biasa yang akan hilang dengan sendirinya dengan cukup beristirahat.

Padahal, kepala pusing juga merupakan salah satu tanda tubuh mengalami penurunan sel darah merah. Kondisi demikian disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen ke otak.

Seperti yang sudah diuraikan pada poin kedua di atas, sel darah merah yang menurun mengakibatkan berkurangnya oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh, dalam kondisi ini terutama ke otak.

Sesak napas

gejala kurang darah

Salah satu penyebab sesak napas adalah kurangnya sel darah merah pada tubuh ente. Ketika beraktivitas, napas menjadi mudah sesak dan cepat terengah-engah.

Kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya suplai oksigen di seluruh tubuh. Apalagi penyebabnya kalau bukan berkurangnya sel darah merah, karena mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh merupakan salah satu tugas sel darah marah.

Jadi, jika tubuh Anda mudah sesak dan cepat terengah-engah ketika beraktivitas, maka tubuh ente mungkin saja mengalami penurunan darah.

Sistem kekebalan tubuh menurun

tanda tanda kurang tubuh

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Kondisi ini akan berdampak mudahnya tubuh diserang berbagai penyakit.

Akibatnya, saat tubuh ente mengalami kurang darah, penyakit lain seperti; batuk, pilek, flu, demam, dan pegal-pegal akan hinggap di tubuh ente.

Tanda-tanda tubuh yang kurang darah sudah ente ketahui. Lalu, upaya apa yang dapat dilakukan agar sel darah merah kembali normal? Simak uraian berikut.

Baca juga ya:
8 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Anda
Tips Memilih Menu Sarapan yang Sehat dan Terhindar dari Kegemukan
Kamu Makan Sekali Sehari? Ini Dia Bahayanya!

Cara mengatasi tubuh kurang darah

Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah

mengatasi kurang darah

Kurangnya sel darah merah bisa disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah itu sendiri. Produksi sel darah merah dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B, dan vitamin C.

Kandungan gizi tersebut dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran hijau.

Kurangi minum teh

cara mengatasi kurang darah

Zat besi merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Sebab itu, dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar tubuh dapat memproduksi sel darah merah lebih banyak.

Minum teh justru sebaliknya. Teh dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Sehingga produksi sel darah merah menjadi terganggu dan berkurang.

Olahraga teratur

tanda kurang darah

Menggerakan tubuh dengan berolahraga juga merupakan salah satu cara mengatasi kurang darah. Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Konsultasikan ke dokter

tanda tanda kurang darah

Jika berbagai upaya telah dilakukan namun masih belum ada perubahan, sebaiknya ente segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan demikian.

Sehingga ente akan mendapat informasi lebih yang berguna untuk di kemudian hari.

Dokter pun mungkin juga akan memberikan obat yang sesuai, jika kondisi tubuh ente memang memerlukan dan mengharuskannya.

source: dari berbagai sumber.


Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tanda-Tanda Tubuh Ente Kurang Darah dan Cara Mengatasinya"