Inilah 3 Alasan Kenapa Multitasking Tidak Baik untuk Ente



Melakukan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan atau yang dikenal dengan istilah multitasking, ternyata tidak baik untuk ente.

Banyak penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa multitasking malah mendatangkan banyak kerugian bukan meningkatkan produktivitas.


Saat ente melakukan multitasking, ente secara tidak langsung minta otak untuk membagi perhatian ke berbagai hal di saat bersamaan.

Otak seperti melompat-lompat dari satu tugas ke tugas lainnya. Jika ini terus dilakukan, efek jangka panjangnya yaitu mulai dari stres hingga menurunkan IQ.

Selain itu, ada tiga alasan kenapa multitasking tidak baik untuk ente.

Multitasking membuat kegiatan tidak efektif dan maksimal

multitasking itu tidak baik

Sebenarnya, otak tidak bisa melakukan multitasking. Banyaknya fokus perhatian yang dibagi malah menyebabkan pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak efektif dan maksimal.

Tentu akan berbeda hasilnya jika pekerjaan-pekerjaan dilakukan satu persatu, tidak secara multitasking.

Dengan begitu, otak akan berfokus pada penyelesaian satu pekerjaan terlebih dahulu. Setelah selesai, barulan perpindah fokus. Hasilnya pun lebih efektif dan maksimal.

Penelitian dari Massachusetts Institute of Technology Amerika mengungkap bahwa otak manusia terbukti hanya bisa fokus pada satu atau dua hal.

Melakukan multitasking dianggap bisa lebih produktif oleh kebanyak orang, namun anggapan tersebut tidaklah benar.

Nyatanya, multitasking justru menurunkan produktivitas hingga 40 persen. Selain produktivitas menurun, frekuensi melakukan kesalahan lebih sering dan mudah terjadi.

Baca juga ya:
Luar Biasa! Ini Yang Terjadi Di Dunia Setiap 5 Detik
Ini Dia Perubahan Logo Maskapai Garuda Indonesia Dari Waktu Ke Waktu
Desain Meja Keren Yang Nggak Biasa, Ada Hewan Mandi Dibawahnya!

Multitasking membuat pekerjaan tidak tuntas

kenapa multitasking tidak baik

Anggapan melakukan pekerjaan dengan multitasking dapat lebih mengefisiensikan waktu tidaklah benar. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara multitasking malah tidak tuntas.

Sebab, pekerjaan-pekerjaan dilakukan secara tidak fokus. Satu dikerjakan, yang lain dikerjakan, satunya lagi dikerjakan, fokus perhatian pada otak menjadi terbagi-bagi. Akibatnya, pekerjaan tidak tuntas.

Berbeda jika pekerjaan dilakukan satu persatu. Satu dikerjakan sampai selesai, lalu berlanjut ke pekerjaan yang lain sampai selesai, dan begitu seterusnya, pekerjaan menjadi efektif dan tuntas.

Multitasking itu melelahkan dan membuat frustasi

multitasking itu tidak baik

Jika ente melakukan pekerjaan secara multitasking, maka ente akan mudah lelah. Banyaknya fokus yang terbagi membuat tubuh ente menghabiskan banyak energi.

Fokus yang terbagi-bagi malah akan membuat ente sulit fokus. Akhirnya, kesalahan-kesalahan mudah sekali terjadi dan bisa membuat ente frustrasi.

Itulah 3 alasan kenapa multitasking tidak baik untuk ente. Melakukan pekerjaan sebaiknya dilakukan secara satu persatu, tidak berbarengan. Agar bisa fokus sehingga pekerjaan lebih mudah dan cepat diselesaikan. 



Tag : TopList
0 Komentar untuk "Inilah 3 Alasan Kenapa Multitasking Tidak Baik untuk Ente"