Definisi dan Pengertian Sistem Informasi Dalam Bisnis

Sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan dalam suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Informasi adalah hasil data yang telah diolah yang didalamnya berisi suatu pengetahuan atau manfaat.

Sedangkan data adalah fakta-fakta, perkiraan, atau pendapat dari suatu hal.


Prosedur memiliki arti urutan dari aturan-aturan dalam bekerja yang melibatkan orang-orang untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau pekerjaan.

Sistem informasi adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan/bekerja sama untuk melakukan suatu kegiatan guna menyelesaikan suatu masalah yang didalamnya terdapat suatu manfaat atau nilai guna bagi orang yang membutuhkannya.

Sistem informasi menurut beberapa ahli

Alter (1992) berpendapat bahwa sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. 

Bodnar dan Hopwood (1993), berpendapat bahwa sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990), berpendapat bahwa sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data, serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.

Pengklasifikasian beberapa bagian dalam sistem

Sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik. Sistem abstrak adalah sistem yang tidak bisa dilihat secara fisik atau sistem yang berisi gagasan atau konsep. Contohnya yaitu teologi, berisi gagasan tentang hubungan manusia dan Tuhan.

Sistem fisik adalah sistem yang dapat terlihat secara fisik. Contohnya yaitu, sistem komputer dan sistem sekolah.

Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system). Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi karena alam. Contohnya yaitu sistem tata surta, sistem peredaran darah dalam tubuh.

Sistem buatan adalah sistem yang dibuat oleh manusia. Contohnya yaitu sistem komputer dan sistem mobil.

Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistik system). Sistem tertentu adalah sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat. Contohnya yaitu sistem komputer.

Sistem tak tentu adalah sistem yang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Contohnya yaitu sistem persediaan dan sistem arisan.

Sistem tertutup (close system) dan sistem terbuka (open system). Sistem tertutup adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi atau enegri dengan lingkungan atau sistem yang tidak terpengaruh oleh lingkungan. Contohnya yaitu reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi.

Sistem terbuka adalah sistem yang dapat terpengaruh oleh lingkungannya. Contohnya yaitu sistem perusahaan dagang yang terpengaruh oleh permintaan pasar.

Karakteristik atau sifat-sifat tertentu dari sistem

  • Komponen
  • Batas sistem
  • Lingkungan luar sistem
  • Penghubung
  • Masukan
  • Keluaran
  • Pengolahan
  • Sasaran atau tujuan

Siklus Informasi

Data merupakan bentuk yang masih mentah dan belum dapat dikatakan sebagai sebuah informasi. Data harus diolah terlebih dahulu agar dapat menjadi suatu informasi yang dibutuhkan.

Informasi tersebut diperlukan sebagai dasar pertimbangan para pengelola organisasi dalam mengambil keputusan manajerial strategis. Siklus informasi dimulai dari pengumpulan data, input, pengolahan data, output, penerima, keputusan, hasil tindakan. 

Kualitas dan Nilai Informasi

Kualitas informasi tergantung kepada tiga hal, yaitu keakuratan, tepat waktu, dan kerelevanan. Selain itu, kualitas informasi juga ditentukan oleh informasi terpercaya, ekonomis, dan efisien.

Nilai dari informasi ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya. Suatu infomasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibanding biaya mendapatkannya.



0 Komentar untuk "Definisi dan Pengertian Sistem Informasi Dalam Bisnis "