8 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Ente

Jerawat menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan pemuda. Pasalnya, saat memasuki masa remaja, jerawat mudah sekali timbul di wajah mereka. Berbagai cara dilakukan agar wajah terbebas dari penyakit kulit yang satu ini.

cara mencegah timbul jerawat

Tak hanya kalangan pemuda, orang dewasa pun masih dapat berjerawat. Wajah yang berjerawat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri untuk tampil di hadapan banyak orang. Bahkan, ada beberapa orang yang risih melihat wajah berjerawat.

Apa penyebab munculnya jerawat? Munculnya jerawat disebabkan oleh produksi minyak di wajah yang berlebih ditambah adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Untuk mencegah munculnya jerawat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut ulasannya.

Perbanyak minum air putih

Meminum air putih bagus untuk proses metabolisme tubuh, terutama di pagi hari setelah bangun tidur. Air putih dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh lalu membuangnya dalam bentuk keringat/air seni. Dianjurkan untuk mengonsumsi minimal delapan gelas air putih per hari agar tubuh tetap fit dan kulit sehat. 

Jaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan tubuh sangatlah penting agar terbebas dari segala macam kotoran, termasuk kebersihan wajah. Baik berjerawat atau tidak, menjaga kebersihan wajah sangat penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih di permukaan kulit. Bagusnya, gunakan air hangat untuk membersihkan wajah plus pembersih wajah agar wajah terbebas dari segala macam kotoran. Jangan gunakan sabun untuk badan, sebab kulit wajah dapat terluka dan iritasi.

Hindari menggosok wajah dengan bahan yang keras

Saat menggosok kulit wajah dengan bantuan suatu bahan, hindari bahan yang keras atau spons yang bertekstur kasar. Menggunakan tangan atau kain yang lembut sangat disarankan untuk membersihkan wajah. Seperti yang sudah ditulis di awal, jerawat timbul akibat minyak berlebih dan tersumbatnya kelenjar sebaceous, bukan disebabkan oleh kotoran. Selain bahan yang keras, hindari juga menggosok wajah dengan keras.

Hindari make up yang berlebih

Agar make up mudah dibersihkan, sebaiknya Anda jangan berhias berlebihan sehingga sulit untuk dibersihkan. Jika Anda menggunakan make up, maka bersihkan terlebih dahulu sebelum tidur. Pilih kosmetik yang bebas perwarna dan bahan kimia. Kosmetik yang berbahan air sudah banyak dijual dan lebih aman bagi kulit.

Hindari kontak antara wajah dengan tangan yang kotor

Jika tangan Anda kotor, maka sebaiknya jangan menggunakan tangan untuk menopang pipi dan dagu sebelum Anda membersihkan terlebih dahulu. Tangan yang kotor dapat menyebarkan bakteri di wajah dan menimbulkan iritasi. Pastikan Anda telah membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menopang pipi dan dagu.

Pilih menu makanan yang bergizi

Menurut beberapa ahli, makanan tertentu seperti coklat dan keripik dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Termasuk juga makanan junk food dan segala jenis makanan berminyak dapat membuat wajah berjerawat. Ganti coklat, keripik, atau pun junk food dengan mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang mengandung Vitamin A sangat diutamakan, sebab vitamin A dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kesehatan kulit. 

Rajin berolahraga

Olahraga tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun psikologis. Dengan merutinkan olahraga setiap hari, kekebalan tubuh meningkat dan memperbaiki kesehatan, serta mengalirkan lebih banyak darah ke kulit. Rasa cemas dan stres juga dapat berkurang setelah berolahraga. Pastikan selalu mandi setelah berolahraga.

Hidup dengan tenang dan hilangkan stress

Ternyata, banyak ahli percaya bahwa kondisi mental dan emosional seseorang dapat mempengaruhi semua aspek kesehatan termasuk kondisi kulit. Beberap penelitian menunjukkan bahwa stress dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Sebab itu, hindari stress, hidup dengan tenang dan selesaikan masalah yang membuat stress. 

source: sitkes.com, pengensehat.com



Tag : Kesehatan
2 Komentar untuk "8 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Ente"

Sama-sama ya. Monggo dibagi ke orang banyak, biar makin yang tau.