8 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Bagi pengidap kolesterol tinggi, ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari agar kolesterol tidak semakin tinggi dan diharapkan akan berkurang. Biasanya, kadar kolesterol tinggi ditemukan pada makanan yang enak.

8 pantangan makanan pengidap kolesterol

Kolesterol tinggi tidak mengenal usia, dia bisa menjangkiti kaum muda dan kaum tua. Mayoritas memang terjadi pada kaum tua.

Kaum muda saat ini juga banyak yang sudah terkena penyakit ini. Sebabnya yaitu pola makan yang tidak teratur, makan sembarangan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Batasan normal dari kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh adalah kurang dari 159 mg/dl. Jika lebih dari itu, maka tidak baik untuk tubuh.

Sedangkan kolesterol baik (HDL) yaitu 150 mg/dl, semakin tinggi kadarnya maka semakin baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja pantangan makanan bagi pengidap kolesterol tinggi? Berikut daftar makanan yang menjadi pantangan bagi pengidap kolesterol tinggi.

1. Kulit Daging Unggas

pantangan makanan pengidap kolesterol

Ketika sedang menyantap masakan daging unggas, maka hindari menyantap kulitnya. Kulit pada daging unggas memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Daging bebek dengan kulitnya memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibanding daging ayam dengan kulitnya.

2. Daging Ternak

pantangan makanan pengidap kolesterol

Memang, rasanya sedap dan lezat sekali menyantap daging ternak, baik daging sapi maupun kambing.

Namun, dibalik kenikmatan tersebut, ada bahaya yang mengancam. Daging ternak memiliki kadar kolesterol tinggi karena kandungan lemaknya.

3. Daging Olahan

makanan yang harus dihindari pengidap kolesterol

Makanan daging olahan juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi karena makanan tersebut dibuat dengan menyertakan lemak dagingnya karena itu yang membuat makanan daging olahan terasa gurih dan lezat. Maka dari itu, hindari sosis daging sapi dan daging ayam.

4. Belut

makanan berbahaya bagi pengidap kolesterol

Rasa dari daging belut itu gurih dan lezat. Namun sayangnya, hasil makanan yang diolah dari daging belut merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Makanan belut bisa dijadikan camilan seperti keripik belut atau kerupuk belut. Bagi ente yang mengidap kolesterol tinggi, pilihlah opsi lain untuk menyemil.

Baca juga ya:
Tanda-Tanda Tubuh Anda Kurang Darah dan Cara Mengatasinya
8 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Anda
Tips Memilih Menu Sarapan yang Sehat dan Terhindar dari Kegemukan

5. Seafood

pantangan makanan bagi penderita kolesterol

Pantangan makanan selanjutnya bagi pengidap kolesterol tinggi yaitu seafood. Udang, siput, dan kerang merupakan makanan seafood yang mengandung kolesterol yang tinggi.

Jika ente ingin mengonsumsi seafood, konsumsilah kurang dari 10 gram dan dengan intensitas yang jarang.

6. Jeroan

8 pantangan makanan bagi penderita kolesterol

Jeroan mengandung lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Sama halnya dengan pengidap asam urat, pengidap kolesterol tinggi juga harus menghindari mengonsumsi jeroan ini.

Jeroan yang harus dihindari yaitu jeroan sapi (usus, hati, ampela, dan paru), jeroan kambing (usus, hati, ampela, dan paru), jeroan ayam, jeroan kelinci, dan jeroan kerbau.

7. Kue

pantangan makanan bagi penderita kolesterol

Kue dibuat dari berbagai bahan makanan yang dicampur dan dimasak secara bersama-sama. Bahan-bahan seperti mentega, telur, dan susu disatukan sehingga menghasilkan makanan yang berkolesterol tinggi.

Memang tidak semua kue mengandung kolesterol tinggi. Kue cokelat basah, kue kering, dan kue pai adalah salah banyak contoh makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari.

8. Santan dan minyak kelapa

pantangan makanan bagi pengidap kolesterol

Santan dan minyak kelapa juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Pengidap kolesterol tinggi harus menghindari mengonsumsi makanan yang berbahan santan dan minyak kelapa agar kadar kolesterolnya tidak semakin bertambah.

Nah, sekarang ente sudah tau apa saja pantangan makanan bagi pengidap kolesterol tinggi. Dengan mengetahui pantangan makanannya, bertambahnya kolesterol jahat dalam tubuh dapat dicegah.

source: halosehat.com, alodokter.com.


Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "8 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kolesterol Tinggi"