7 Cara Efektif Menghemat Kuota Internet di Android Anda

Smartphone mengharuskan penggunanya untuk selalu mengaktifkan paket datanya karena sebagian besar aplikasinya membutuhkan koneksi internet.

Alhasil, penggunaan paket data terkadang tidak terkontrol yang berujung pada cepat habisnya kuota. Oleh karena itu, harus diatasi dengan berbagai cara agar dapat menghemat kuota internetnya.

Borosnya pemakain paket data mengakibatkan derasnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pulsa atau paket data. Biasanya sebulan cukup dengan 2 GB paket data, karena boros, menjadi 4 GB, naik dua kali lipat, misalnya.

Berikut 7 cara menghemat kuota internet yang dikumpulkan dari berbagai sumber di internet. Simak ulasannya.

1. Mengaktifkan fitur "Data Saver" di Google Chrome

cara menghemat kuota internet

Kalau ente terbiasa menggunakan browser Google Chrome untuk menjelajah internet, ente bisa mengaktifkan fitur "Data Saver" pada browser tersebut.

Fitur ini akan mengompres suatu halaman terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Sehingga, halaman yang sudah ditampilkan merupakan hasil kompresan. Dengan begitu, pemakaian kuota internet Anda juga dapat berkurang.

Cara mengaktifkannya fitur "Data Saver" ini tidak sulit. Pilih ikon opsi pada pojok kanan atas > Settings > Data Saver > On.

2. Gunakan Aplikasi Facebook Lite

cara menghemat kuota internet

Ente yang senang ber-facebook ria, terutama di smartphone, ente bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite. Aplikasi Facebook Lite lebih ringan dan tidak memakan banyak kuota internet. Aplikasi ini juga cocok untuk Anda yang memiliki smartphone low-end.

Wajar bila tidak selengkap dan sebagus aplikasi facebook yang satunya (Facebook, tanpa Lite), karena memang diperuntukkan untuk pengguna dengan koneksi internet yang terbatas dan pengguna smartphone low-end.

3. Mengaktfikan fitur "data usage warning"

cara menghemat kuota internet

Smartphone Android sudah menyediakan fitur bawaan untuk membatasi penggunaan paket data. Fitur ini juga akan memberikan peringatan jika paket data yang digunakan sudah melewati ambang batas pemakaian yang sudah diaktifkan sebelumnya dan secara otomatis akan menonaktifkan paket data.

Untuk mengaktifkannya masuk ke Settings > Data Usage > Pilih kartu yang digunakan untuk berinternet (dual simcard) > Set Cellular data limit, lalu tap pada bagian tersebut.

4. Mengenali aplikasi yang memakan kuota banyak

cara menghemat kuota internet

Cara menghemat kuota selanjutnya yaitu dengan mengenali aplikasi-aplikasi apa saja yang memakan kuota banyak. Cara ini sangat efektif untuk menentukan aplikasi mana yang memakan kuota terbanyak dan tidak terpakai agar segera dibuang.

Dengan begitu, pemakaian kuota internet dapat berkurang, sekaligus menambah kapasitas memori smartphone.

Untuk melihat banyaknya kuota internet yang dipakai oleh suatu aplikasi, ente masuk ke Settings > Data Usage > Pilih kartu yang digunakan untuk berinternet (dual simcard), lalu scroll ke bawah untuk melihat aplikasi-aplikasinya dan besarnya kuota yang sudah digunakan.

Baca juga ya..
Shi Shenwei, Kuli Bangunan yang Jadi Artis Dunia Maya Berkat Aksi Akrobatiknya
8 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kolesterol Tinggi
Pak Udin, Sopir Angkot yang Membangun Perpustakaan di Angkotnya

5. Membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke Wi-Fi

cara menghemat kuota internet

Update aplikasi secara otomatis merupakan salah satu penyebab mengapa kuota internet ente cepat habis. Biasanya, update aplikasi ini sangat memakan kuota, tergantung banyaknya aplikasi yang akan diupdate dan besaran data updatenya.

Oleh karenanya, update aplikasi secara otomatis ini harus dibatasi agar kuota internet Anda terselamatkan.

Batasi update otomatis hanya jika terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Caranya, masuk ke Google Play > Settings > tap pada Auto-update apps > pilih Auto-update apps over Wi-Fi only

6. Manfaatkan teknologi bluetooth

cara menghemat kuota internet

Seiring berkembangnya fitur-fitur dalam sebuah aplikasi, ada sebuah teknologi yang -dulunya hits- saat ini mulai dilupakan.

Kebanyakan orang akan memilih untuk mengirim foto atau video melalui sebuah aplikasi dengan mengandalkan koneksi internet.

Padahal, jika posisi orang-orang tersebut sedang berdekatan, mengirim file dapat memanfaatkan teknologi bluetooth. Sehingga, dapat mengurangi pemakaian kuota internet.

7. Maksimalkan penggunaan Wi-Fi jika sedang berada dalam jangkauannya

cara menghemat kuota internet

Cara menghemat kuota internet terakhir adalah memaksimalkan penggunaan Wi-Fi jika ente sedang berada dalam jangkauannya.

Ente dapat dengan bebas mengunduh, mengupdate, browsing, streaming, dan lain sebagainya dengan bebas kuota internet. Tentu saja ente harus sudah memiliki izin sebelumnya dengan si empunya hotspot. 

Itulah 7 cara menghemat kuota internet di Android ente agar tidak cepat habis dan boros. Pemakaian kuota internet yang cermat dapat menyelamatkan kesehatan dompet ente dari penyakit kantong kering.



Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "7 Cara Efektif Menghemat Kuota Internet di Android Anda"