4 Trik Menggunakan Microsoft Word yang Belum Ente Tahu

Walaupun pengguna Microsoft Word sudah banyak dan sudah dipergunakan dalam waktu yang lama, masih banyak orang yang belum tahu beberapa trik menggunakan Microsoft Word.

Trik-trik ini akan lebih mengefektifkan penggunaan Microsoft Word, sehingga pekerjaan ente akan lebih mudah dan lebih cepat untuk diselesaikan.

Mengcapslock teks secara cepat

trik ms word

Ketika ente sudah mengetikkan beberapa kalimat dalam huruf kecil, tapi ternyata harus huruf besar, maka yang muncul dalam pikiran ente adalah harus menghapus kalimat huruf kecil tersebut lalu mengetik ulang dengan menggunakan capslock.

Betul?

Cara ini benar, tapi tidak efektif. Kalau hanya ada satu kalimat saja, tak masalah. Bagaimana kalau sampai beberapa paragraf?

Tentu akan memakan waktu yang tak sebentar bukan? Pekerjaan pun tak kunjung selesai.

Jika ente mengalami case demikian, trik yang bisa ente lakukan adalah dengan memilih teks yang akan diubah lalu menekan kombinasi tombol Shift + F3.

Trik ini akan mengcapslock teks huruf kecil pada kalimat, bahkan paragraf. Ente tidak perlu repot-repot menghapus lalu mengetik ulang.

Jika ente ingin mengubahnya kembali menjadi huruf kecil, tekan sekali lagi kombinasi tombol tersebut.

Jika ente menekannya lagi, teks tersebut akan berubah menjadi huruf kecil dengan huruf besar di kata pertamanya.

Menambahkan tanggal dan waktu saat ini dengan cepat

trik microsft word

Untuk menambahkan tanggal dan waktu saat ini pada dokumen Microsoft Word yang sedang dikerjakan, cara biasanya yaitu dengan mengetikkan satu persatu mulai dari tanggal hingga menitnya.

Cara ini kurang efektif, sebab harus menekan beberapa tombol tergantung waktunya.

Trik mudah menambahkan tanggal dan waktu sekarang adalah dengan menekan kombinasi tombol Shift + Alt + D dan Shift + Alt + T.

Kombinasi tombol Shift + Alt + D digunakan untuk menambahkan tanggal saat ini, sedangkan kombinasi tombol Shift + Alt + T digunakan untuk menambahkan waktu saat ini. Jadi lebih cepat kan?

Menambahkan gambar screenshoot dengan cepat

trik mudah ms word

Ketika ente ingin menambahkan gambar screenshoot dari suatu aplikasi atau program atau yang lainnya, pertama kali yang ente lakukan adalah menjalankan aplikasi screenshoot seperti Snipping Tool atau dengan menekan tombol Print Screen.

Lalu setelah itu, ente harus mengcopynya atau memasukkannya melalui menu/tab Insert. Barulah gambar screenshoot akan tampak pada dokumen.

Ada cara yang lebih efektif dari cara itu. Microsoft Word sudah menyediakan fasilitas mengambil gambar screenshoot.

Baca juga ya:
Kok yang Tampil di Homepage Cuma 4? Padahal kan Disetting 15 yang Tampil
Cara Membuat dan Memasang Widget Visitor Counter Histats di Blog/Website
Cara Mudah Mengatasi Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca (Corrupted/Unreadble)

Caranya yaitu, pilih menu/tab Insert, lalu pilih Screenshoot, maka akan muncul kursor untuk mengcapture gambar sesuai yang ente inginkan dengan menahan dan menggeser tombol klik kiri.

Jika sudah, lepas tombol klik kiri, maka gambar akan secara otomatis masuk ke dalam dokumen.

tips trik ms word

Memulai ketikan dimana pun pada dokumen

trik ms word

Setiap kali ente ingin memulai ketikkan dari tengah, agak ke kanan, agak ke kiri atau dimana pun, yang biasa ente lakukan adalah dengan menekan tombol enter, spasi atau tab sebanyak-banyaknya sampai kursor ketik berada di tempat yang ente inginkan.

Betul nggak?

Trik pada case seperti ini adalah dengan double klik kiri pada tempat yang ente inginkan untuk memulai pengetikkan. Hanya itu. Jadi, ente tidak perlu lagi melakukan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Nah, itulah bahasan 4 trik menggunakan Microsoft Word yang barang kali belum ente tahu. Semoga bisa menambah wawasan dan bisa diterapkan.

source: brightside.me.


Tag : TipsTrick
0 Komentar untuk "4 Trik Menggunakan Microsoft Word yang Belum Ente Tahu"