11 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Membangun gedung pencakar langit menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi negara tertentu. Beberapa negara di berbagai belahan dunia telah membangunnya.

Adanya gedung-gedung pencakar langit ini memang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke negara tersebut.

Seperti yang Anda tahu, gedung tertinggi di dunia saat ini ada di Dubai, yaitu Burj Khalifa dengan ketinggian 828 meter.

Dubai juga tengah mendirikan kembali sebuah gedung dengan ketinggian melebihi Burj Khalifa dan ditargetkan rampung sebelum digelarnya Dubai World Expo pada 2020.

Selain Dubai, banyak negara lain yang juga memiliki gedung pencakar langit. Berikut daftar gedung-gedung pencakar langit yang ada di berbagai belahan dunia.

The Tower, Dubai

gedung tertinggi di dunia

Dubai saat ini tengah membangun gedung baru bernama The Tower yang ketinggiannya akan mengalahkan Burj Khalifa.

Tinggi gedung Burj Khalifa sendiri yakni 828 meter, jadi bisa saja tinggi gedung The Tower mencapai satu kilometer.

Peletakkan batu pertama pun sudah dilakukan oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum di Pelabuhan Dubai Creek dan direncanakan akan rampung sebelum digelarnya Dubai World Expo pada 2020 mendatang.

The Tower dibangun di tengah lahan seluas 4 kilometer persegi. Gedung ini diarsiteki oleh Santiago Calavatra Valls.

Burj Khalifa, Dubai

gedung tertinggi di dunia

Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia saat ini yang diresmikan pada 4 Januari 2010. gedung ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab.

Ketinggiannya mencapai 2.717 kaki atau 828 meter dan berdiri di area seluas 334.000 meter persegi.

Uniknya, Burj Khalifa memiliki lift dengan kecepatan yang luar biasa, yakni mencapai 60 km/jam. Gedung ini pun disebut sebagai bangunan yang memiliki jumlah lantai terbanyak, yaitu 160 lantai. Diarsiteki oleh Skidmore, Owings, dan Merrill.

Shanghai Tower, China

gedung tertinggi di dunia

Shanghai Tower berdiri kokoh di Lujiazui, Pudong, Shanghai, China. Ketinggiannya mencapai 2.073 kaki atau 632 meter dan berdiri di area seluas 380.000 meter persegi.

Gedung ini menjadi gedung tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa. Diarsiteki oleh Gensler. Jumlah lantainya sebanyak 121 lantai.

The Abraj Al Bait Clock Tower, Arab Saudi

gedung tertinggi di dunia

Posisi ketiga gedung tertinggi di dunia saat ini ditempati oleh The Abraj Al Bait Clock Tower dengan ketinggian mencapai 1.971 kaki atau 601 meter dan berdiri di area seluas 310.638 meter persegi yang berada di Kompleks Abraj Al Bait, Mekah, Arab Saudi.

Kompleks Abraj Al Bait dibangun untuk menampung para jamaah haji. Kompleks bangunan ini diarsiteki oleh Dar Al Handasah Architects. Memiliki 120 lantai dengan jumlah lift sebanyak 96 unit.

The Ping An International Finance Centre, China

gedung tertinggi di dunia

Gedung The Ping An International Finance Centre atau biasa juga dikenal dengan Ping An IFC merupakan gedung tertinggi kedua di China yang diperuntukkan untuk perkantoran yang terletak di Shenzhen, Provinsi Guangdong.

Ketinggian gedung ini mencapai 1.969 kaki atau 600 meter dan berdiri di area seluas 385.918 meter persegi. Diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates. Memiliki 115 lantai dan 4 lantai bawah tanah dengan jumlah lift sebanyak 80 unit.

Lotte World Tower, Korea Selatan

gedung tertinggi di dunia

Lotte World Tower berdiri kokoh di Seoul, Korea Selatan dengan tinggi 1.823 kaki atau 555 meter. Gedung Lotte World Tower diperuntukkan untuk perhotelan dan berdiri di area seluas 304.081 meter persegi. Diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates. Memiliki 123 lantai dan 6 lantai bawah tanah.

One World Trade Center, Amerika Serikat

gedung tertinggi di dunia

One World Trade Center atau yang lebih dikenal sebagai 1 WTC dan dulunya bernama Freedom Tower merupakan gedung utama yang diperuntukkan untuk perkantoran dan observasi ini berada di komplek World Trade Center, New York, Amerika Serikat.

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 1.776 kaki atau 541 meter, berdiri di area seluas 325.279 meter persegi, dan diarsiteki oleh David Childs dan Daniel Libeskind. Memiliki 104 lantai dan 5 lantai bawah tanah dengan jumlah liftnya sebanyak 73 unit.

Baca juga ya:
Uniknya Desa Shani Shingnapur di India, Desa yang Rumahnya Tanpa Pintu
Seorang Nelayan Berhasil Menangkap Lobster Raksasa Berbobot 6 Kg
Patung Kepala Antik Buddha Selipkan Uang Kertas Berusia 700 Tahun

CTF Finance Centre, China

gedung tertinggi di dunia

CTF Finance Centre merupakan gedung yang diperuntukkan untuk perhotelan, perkantoran, dan observasi. Berdiri kokoh di Guangzhou, China, gedung CTF Finance Centre memiliki ketinggian 1.740 kaki atau 530 meter.

Diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates dan Leigh & Orange. Memiliki 111 lantai dan 5 lantai bawah tanah. Luas area gedung ini mencapai 398.000 meter persegi. Jumlah liftnya sebanyak 86 unit.

Taipei 101, Taiwan

gedung tertinggi di dunia

Gedung Taipei 101 merupakan gedung yang diperuntukkan untuk perkantoran yang terletak di distrik Xinyi, Taipei, Taiwan dengan ketinggian mencapai 509 meter. Gedung ini dinobatkan sebagai menara tertinggi di dunia di tahun 2004 lalu.

Diarsiteki oleh C.Y. Lee & Partners. Memiliki 101 lantai dan 5 lantai bawah tanah. Luas area gedung ini yaitu 412.500 meter persegi. Jumlah liftnya sebanyak 61 unit.

Shanghai World Financial Center, China

gedung tertinggi di dunia

Shanghai World Financial Center merupakan gedung yang diperuntukkan untuk perkantoran, perhotelan, ruang konferensi, observasi, dan mall yang terletak di Shanghai, China.

Ketinggiannya mencapai 492 meter dan luas area mencapai 377.300 meter persegi. Gedung ini diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates. Memiliki 101 lantai dengan jumlah lift sebanyak 31 unit.

International Commerce Centre, Hong Kong

gedung tertinggi di dunia

International Commerce Centre atau biasa dikenal dengan ICC Tower merupakan gedung yang diperuntukkan untuk perkantoran, observasi, perhotelan, ritel, dan garasi parkir.

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 1.588 kaki atau 484 meter dengan luas area mencapai 274.064 meter persegi. Diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates. Memiliki 108 lantai dengan jumlah lift sebanyak 46 unit.

source: reuters.com, telegraph.co.uk, timlo.net, id.wikipedia.org, 



Tag : Picture
0 Komentar untuk "11 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia"