Yellow Box Junction, Kotak Bergaris Kuning Di Persimpangan Jalan

Siapa diantara ente yang suka jalan-jalan atau touring dalam kota?

Saat kalian lagi touring dalam kota dengan sepeda atau motor atau mobil atau kendaraan umum, ente pernah lihat kotak bergaris kuning di suatu persimpangan jalan?

fungsi yellow box junction


Kotak bergaris kuning dan berdiagonal garis kuning juga dengan ukuran menyesuaikan luas persimpangan jalan.

Bentuknya tidak melulu kotak sih, ada juga yang persegi panjang, menyesuaikan luas persimpangan jalan. Ada yang berdiagonal garis kuning dan ada pula yang tidak.

Ada fungsinya gak sih? Jalan kok dicoret-coret.

Nama kerennya yaitu Yellow Box Junction, selanjutnya kita sebut aja YBJ biar gak kepanjangan, ada fungsinya.

Fungsinya adalah untuk membatasi kendaraan yang masuk ke dalam persimpangan jalan saat kepadatan lalu lintas terjadi. Tujuannya supaya kepadatan di persimpangan tidak terkunci.

Kita sendiri pun tau, saat kepadatan lalu lintas terjadi di persimpangan, banyak pengguna kendaraan bermotor, mungkin termasuk kita (astaghfirullahal'adzim..), tetap menerobos masuk ke persimpangan walaupun traffic light sudah merah.

Akibatnya yang terjadi adalah lalu lintas terkunci, stuck, tidak bergerak. Kalau sudah begini, waduh, bisa menyulut emosi!

Dengan adanya YBJ ini, walaupun traffic light sudah hijau tetapi masih ada kendaraan didalam YBJ, kita yang masih diluar YBJ tidak boleh bergerak, harus berhenti.

Kita baru diperbolehkan jalan kalau kendaraan yang didalam YBJ sudah keluar.

kegunaan yellow box junction

Ohh gitu. Terus, kalau kita tetap maksa masuk YBJ walaupun masih ada kendaraan yang belum keluar gimana? Buru-buru nih. Pengen cepet sampe rumah.

Baca juga ya:
Fitur Baru WhatsApp: Sekarang Kamu Bisa Mention Teman Kamu
Green Screen dan Blue Screen, Teknik Kunci Kroma Pada Pembuatan Film
Seru! Intip Teknologi Dibelakang Web Dengan Wappalyzer

Kalau kita tetap memaksa masuk, akan ada tilang karena ini termasuk melanggar marka jalan.

Ini diatur dalam penjelasan  UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop. Pidananya ialah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

fungsi ybj

kegunaan ybj

Nahloh! So, bersabar, tenang, dan pelan agar semuanya tetap berjalan dengan baik dan kita pun sampai rumah dengan selamat. Ingat ada keluarga yang menanti kita pulang dirumah. Ada juga nih versi videonya.


Gimana? Sudah tau kan fungsinya si kotak kuning di persimpangan jalan ini? Okelah, kita cukupkan obrolon kita di artikel ini. Kita jumpa di artikel selanjutnya. See ya!

Tag : TipsTrick
0 Komentar untuk "Yellow Box Junction, Kotak Bergaris Kuning Di Persimpangan Jalan"