Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pengertian Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Manusia

MSDM terdiri dari kata manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen adalah seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujua tertentu.

Sumber daya tersebut meliputi men (manusia), money (uang), methode ( metode/cara/sistem), materials (bahan), machines (mesin), dan market (pasar).

Unsur manusia yang merupakan salah satu unsur sumber daya berkembang menjadi suatu bidang ilmu manajemen yang disebut MSDM yang merupakan terjemahan dari man power management.

Manajemen yang mengatur unsur manusia ini ada yang menyebut manajemen kepegawaian atau manajemen personalia.

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

MSDM sering disamakan dengan Manajemen Personalia, yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan dan masyarakat.


Persamaan MSDM dengan manajemen personalia jelas keduanya merupakan ilmu yang mengatur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya atau tercapainya tujuan.

Perbedaan MSDM dan manajemen personalia yaitu MSDM dikaji secara makro,manajemen personalia dikaji secara mikro.

Baca juga ya..
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Peran dan Manfaat Usaha Kecil Menengah (UKM)
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Definisi Usaha Kecil Menengah (UKM)
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Rencana Bisnis

MSDM menganggap karyawan merupakan kekayaan (asset) utama organisasi yang harus dipelihara dengan baik, manajemen personalia menganggap karyawan merupakan faktor produksi yang harus dimanfaatkan secara produktif.

MSDM pendekatannya secara modern, Manajemen personalia pendekatannya secara klasik. Fokus kajian MSDM adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut urutan fungsi-fungsinya, agar efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Karyawan adalah perencana, pelaku dan selalu berperan aktif dalam aktivitas perusahaan/bisnis.

Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pengertian Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Manusia"