Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Kelebihan dan Kekurangan CV (Perseroan Komanditer)



Pengertian CV (Perseroan Komanditer)

CV atau perseroan komanditer adalah bentuk bisnis yang mana salah satu atau beberapa anggota bertanggung jawab tidak terbatas dan anggota yang lain bertanggung jawab secara terbatas terhadap utang-utang perusahaan. 

Menurut pasal 19 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, CV adalah suatu bentuk perjanjian kerjasama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan, dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya dengan orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan tersebut.

Dari pengertian di atas, diketahui bahwa dalam CV terdapat dua jenis sekutu yang berlainan sifat dan tugasnya yaitu sekutu komanditer dan sekutu komplementer.

Sekutu komanditer apabila tidak diperjanjikan lain, tidak tampil ke depan, artinya tetap tinggal di belakang layar, ia hanya mempercayakan sejumlah uang atau barangnya kepada sekutu komplementer untuk ikut serta membiayai perusahaan yang dijalankan oleh sekutu komplementer.

Sedangkan sekutu komplementer adalah sekutu yang aktif menjalankan perusahaan berhubungan dengan pihak-pihak ketiga dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pihak ketiga.

Kelebihan CV

Berikut beberapa kelebihan CV:
  • Modal yang dikumpulkan lebih besar
  • Mudah memperoleh kredit
  • Kemampuan manajemennya lebih besar
  • Pendiriannya mudah

Baca juga ya..

Kekurangan CV

Berikut beberapa kekurangan CV:
  • Sebagian anggota/sekutu mempunyai tanggung jawab tidak terbatas
  • Kelangsungan hidupnya tidak menentu
  • Sulit untuk menarik kembali modalnya terutama bagi sekutu komplementer



Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Kelebihan dan Kekurangan CV (Perseroan Komanditer)"