Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari ilmu manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu organisasi.

Beberapa pakar manajemen sumber daya manusia memberikan pandangan yang beragam tentang manajemen sumber daya manusia. Schuler (2007:16), menyatakan bahwa:

"Human resources management (HRM) is the recognition of the importance of an organization’s workforce as vital human resources contributing to the goals of the organization, and the utilization of several functions and activities to ensure that they are used effectively and fairly for the benefit of the individual the organization, and society".

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia memberikan pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia utama yang memberi kontribusi bagi pencapaian tujuan-tujuan organisasi serta memberikan kepastian bahwa pelaksanaan fungsi dan kegiatan organisasi dilaksanakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu, organisasi, dan masyarakat.

Karena pentingnya peran SDM dalam pelaksanaan dan pencapaian tujuan organisasi maka pengelolaan sumber daya manusia harus memperhatikan beberapa aspek seperti aspek staffing, pelatihan dan pengembangan, motivasi dan pemeliharaannya yang secara lebih mendetail dikemukakan oleh De Cenzo and Robbins (2006:8), menyatakan bahwa:

"Human resources management is the part of the organization that is concerned with the “people” or human resources aspect of management position, including recruiting, screening, training, rewarding, and appraising".


Karena mengelola SDM merupakan suatu sistem maka beberapa aspek yang menjadi perhatian di atas dalam pelaksanaannya harus saling bergantung (bersinergi) satu sama lain jangan merupakan aktivitas yang berjalan sendiri-sendiri seperti dikemukakan oleh Werther and Davis (2006:18), menyatakan bahwa:

"Human resources management is a system that consists of many interdependent activities. This activities do not occur in isolation virtually every one affects another human resources activity".

Dan karena setiap aktivitas yang bersinergi tersebut merupakan pelaksanaan dari setiap keputusan yang diambil maka MSDM itu pada dasarnya merupakan integrasi keputusan yang membentuk hubungan antar karyawan.

Kualitas sinergi mereka memberikan kontribusi terhadap kemampuan SDM dan organisasi dalam mencapai tujuan.

Seperti dikemukakan oleh Milkovich and Boudreau (2007:2), mendefinisikan bahwa:
"Human resources management is series of integrated decisions that form the employment relationship, their quality directly contributes to the ability of the organization and the employees to achieve their objectives".

Secara ringkas pernyataan para pakar di atas pada dasarnya menyatakan MSDM itu merupakan penggunaan SDM untuk mencapai tujuan organisasi seperti dikemukakan Mondy & Noe (2005:4), mengemukakan bahwa:

"Human resources management (HRM) is the utilization of human resources to achieve organizational objectives".

Baca juga ya..
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Peranan dan Perubahan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia
Soal dan Jawaban UAS Pengantar Manajemen dan Bisnis 2015/2016
Seru! Intip Teknologi Dibelakang Web Dengan Wappalyzer

Definisi tersebut menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

Pentingnya MSDM menurut Fischer, et.al (1993. h.19) mencakup berbagai kegiatan yaitu:
  1. Staffing/Human Resource Planning: Perencanaan Sumber Daya Manusia.
  2. Organization/Employee Development: Pengembangan Pegawai/Organisasi.
  3. Compensation/Employee Relations: Hubungan Pegawai atau Karyawan/Kompenasi.
  4. Employee Support: Dukungan Pegawai.
  5. Legal Reqruitments/Compliance: Rekrutmen Legal/Keluhan.
  6. Labor/Union Relations: Serikat/Organisasi Buruh
  7. Policy Adherence: Kebijakan 
  8. Administrative Services: Pelayanan Administrasi.

MSDM memberikan kontribusi efektivitas organisasi yang mencakup sebagai berikut (Jhon Ivancevich, 2007,h.10) :
  1. Membantu organisasi dalam mencapai tujuan
  2. Memperkerjakan keterampilan dan kemampuan tenaga kerja secara efisien.
  3. Memenuhi organisasi dalam hal pegawai yang terlatih dan termotivasi.
  4. Meningkatkan kepuasan kerja pegawai secara penuh dan aktualisasi diri.
  5. Mengkomunikasikan kebijakan SDM kepada semua pegawai/karyawan.
  6. Membantu dalam memelihara kebijakan etika dan perilaku tanggung jawab sosial.
  7. Mengelola perubahan terhadap keunggulan yang saling menguntungkan dari individu, kelompok, perusahaan dan masyarakat.


Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia"