Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Tanggung Jawab Sosial Bisnis

Pengertian Tanggung Jawab Sosial

Griffin dan Ebert mengatakan bahwa tanggung jawab sosial adalah usaha suatu bisnis untuk menyeimbangkan komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya, termasuk konsumen, pesaing, karyawan, dan investor.

Sedangkan Boone dan Kurtz mengatakan bahwa tanggung jawab sosial adalah penerimaan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan sosial sebagai nilai sepadan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan.

Dapat disimpulkan tanggung jawab sosial lebih berkaitan dengan cara suatu bisnis bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainnya dalam lingkungan sosialnya.

Perusahaan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya terhadap stakeholdernya (individu atau kelompok yang sangat terkait langsung terhadap kinerja perusahaan) dengan mengonsentrasikan perilaku etisnya pada lima kelompok utama, yaitu konsumen, karyawan, investor, pemasok, dan komunitas lokal dimana bisnis berada.
  • Konsumen
    Bisnis bertanggung jawab sosial pada konsumennya dengan menjaga kejujuran dan keterbukaannya. Mereka juga mencoba menetapkan harga yang wajar, garansi, memenuhi komitmen, dan menjaga kualitas produk yang mereka jual.
  • Karyawan
    Bisnis bertanggung jawab sosial di dalam kesepakatan mereka dengan mempekerjakan karyawan dengan wajar, membuat karyawan menjadi bagian dari tim, dan menghargaii martabat dan kebutuhan manusiawinya.
  • Investor
    Untuk menjaga tanggung jawab sosial terhadap investor, manajer harus mengikuti prosedur akuntansi yang benar, menyediakan informasi yang tepat pada pemegang saham mengenai kinerja keuangan, dan mengelola organisasi untuk melindungi hak pemegang saham dan investasi.
  • Pemasok
    Hubungan dengan pemasok harus dikelola dengan baik agar terciptanya kerja sama saling menguntungkan sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Dengan begitu, kegiatan perusahaan berjalan dengan lancar.
  • Komunitas Lokal
    Perusahaan mengadakan kerja sama dengan komunitas lokal mengadakan program-program sosial seperti bakti sosial, beasiswa, pengobatan gratis, dan sebagainya.

Baca juga ya..

Area Tanggung Jawab Sosial

  • Tanggung jawab ke depan terhadap konsumennya
  • Tanggung jawab ke depan terhadap karyawannya
  • Tanggung jawab ke depan terhadap investornya
  • Tanggung jawab ke depan terhadap lingkungannya

Mengelola Program Tanggung Jawab Sosial

  1. Tanggung jawab sosial harus dimulai dari tingkatan manajemen puncak, karena tanpa dukungan dari manajemen puncak tidak akan ada program yang berjalan dengan sukses
  2. Sebuah komite atau panitia yang terdiri dari manajer-manajer puncak harus mengembangkan sebuah rencana yang merinci tingak dukungan manajemen
  3. Seorang eksekutif atau manajer harus bertanggung jawab dalam pengimplementasian program yang telah direncanakan
  4. Terakhir perusahaan harus melakukan audit sosial, yaitu analisis sistematis mengenai penggunaan dana dan pencapaiannya terhadap tujuan tanggung jawab sosialnya.


Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Tanggung Jawab Sosial Bisnis"