Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Perusahaan Daerah (PD), Perum, dan Perjan

Pengertian Perusahaan Daerah (PD)

Perusahaan Daerah adalah perusahaan yang saham-sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Perusahan Daerah bertujuan mencari keuntungan yang nantinya dapat dipakai untuk pembangunan daerah.

Kekayaan Perusahaan Daerah dipisahkan dari kekayaan negara untuk menghindari praktek usaha yang tidak efisien.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 1969, pengurusan perusahaan-perusahaan daerah tidak lagi dilakukan oleh Badan Pimpinan Perusahaan-Perusahaan Daerah (BAPIPPDA).

Pengurusan selanjutnya diserahkan kepada Gubernur/Kepala Daerah.

Pengertian Perusahaan Negara Umum (Perum)

Perum bertujuan mencari keuntungan, tetapi tidak mengabaikan kesejahteraan masyarakat. Dalam Instruksi Presiden R.I. Nomor 17 tanggal 28 Desember 1967 dinyatakan bahwa kegiatan usaha Perum terutama ditujukan untuk melayani kepentingan umum, baik kepentingan di bidang produksi, distribusi maupun konsumsi tanpa mengabaikan prinsip-prinsip efisiensi. 

Bidang-bidang usaha yang dilakukannya biasanya berupa jasa-jasa vital (public utilities). Semua kekayaan Perum dipisahkan dari kekayaan negara agar dapat mencapai efisiensi.

Walaupun seluruh modal Perum dimiliki oleh Pemerintah, tidak menutup kemungkinan kepada pihak swasta untuk menanamkan modalnya pada bidang yang sama.

Baca juga ya..
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Perseroan Terbatas Negara (Persero)
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Kelebihan dan Kekurangan PT (Perseroan Terbatas)
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Kelebihan dan Kekurangan CV (Perseroan Komanditer)

Pengertian Perusahaan Negara Jawatan (Perjan)

Berbeda dengan Perum yang semua kekayaannya dipisahkan dari kekayaan negara, Perjan dapat memiliki fasilitas-fasilitas negara sebab merupakan bagian dari Departemen/Direktorat Jenderal dan seluruh karyawannya berstatus sebagai pegawai negeri.

Kegiatan yang dilakukan terutama untuk kesejahteraan umum dengan memperhatikan segala segi efisiensinya. Walaupun demikian, menunjang kesejahteraan umum merupakan tujuan utama didirikannya Perjan.



Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Perusahaan Daerah (PD), Perum, dan Perjan"