Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Rencana Bisnis

Menurut Z. Heflin Frinces dalam "Business Plan, Konsep dan Implementasi", keberhasilan dalam hal apa pun, menurut kaidah umum, tidak begitu mudah didapatkan, diperlukan kerja keras, serius, tekun, dan penuh perhitungan dengan berlandaskan pada suatu perencanaan yang matang, teliti, akurat, dan seksama.

Terlebih lagi dalam meraih kesuksesan di bidang bisnis, seseorang atau perusahaan harus mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan bisnis yang baik yang dinilai strategis dalam menjalankan dan mengendalikan bisnis yang ditekuni.

Karena fungsi perencanaan bisnis atau rencana bisnis merupakan alat bantu yang diperlukan untuk semua jenis bisnis.



Pentingnya Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis sangat penting bagi para wirausaha dan orang-orang yang terlibat di dalam dunia bisnis karena beberapa pertimbangan berikut:
  • Meningkatkan peluang untuk sukses
  • Mengembangkan misi bisnis
  • Menentukan pesaing utama
  • Menentukan cara yang benar dalam mengelola bisnis
  • Menentukan penghalang dalam bisnis
  • Sebagai alat pencapaian

Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

Ketika kita akan melangkah untuk terjun di dalam bisnis, yang terbentang dalam benak pikiran kita adalah betapa banyak keputusan kecil yang harus dibuat dan betapa banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menjadi seorang pebisnis yang tangguh atau pengusaha yang sukses.

Pola pikir semacam ini akan membebani gerak langkah kita sebelum kita memulai berbisnis.

Hindarkan beban pikiran semacam ini, namun kita hendaknya langsung melakukannya selangkah demi selangkah, dengan demikian kita bisa cermat dalam menimbang seluruh pilihan yang jumlahnya begitu banyak untuk dipilah kemudian dituangkan ke dalam sebuah perencanaan bisnis.

Perencanaan Bisnis Sebagai Alat Manajemen

Sebuah perencanaan bisnis bisa dijadikan suatu alat menejemen yang sangat berharga, dengan menjadikan sebagai pedoman atau panduan untuk menjalankan bisnis yang kita geluti.

Sebab, perencanaan itu telah memaksa kita untuk melakukan pekerjaan rumah dengan mencurahkan semua kemampuan pikiran kita terhadap setiap area yang berhubungan dengan perusahaan kita.

Mulai dari struktur perusahaan, operasional, barang atau jasa yang akan diproduksi, pemasaran yang kompetitif hingga prospek masa depan perusahaan.

Kita dituntut untuk meneliti berbagai faktor dan fungsi yang ada pada perusahaan di mana sebelumnya kita telah menuangkannya ke dalam sebuah perencanaan bisnis.

Karena itu, sebuah perencanaan bisnis sebagai sebuah alat manajemen bagi organisasi bisnis dalam menjalankan mekanisme kerjanya setidaktidaknya memenuhi beberapa hal sebagai berikut:
  • Ada perencanaan yang dijalankan
  • Penemuan perencanaan
  • Mematangkan filosofi hidup
  • Mengembangkan visi strategis
  • Mengidentifikasi peningkatan
  • Mencegah kekacauan
  • Menghindari kesalahpahaman

Perencanaan Bisnis dan Posisi Kita di Pasar

Setelah kita memahami target pasar kita, kita bisa mulai dengan menjelaskan bagaimana kita akan menjangkau target ini, dan pesan apa yang akan kita gunakan untuk mendapatkan pertimbangan kosumen agar membelanjakan uangnya pada bisnis kita.

Dengan kata lain, kita harus menjelaskan rencana perusahaan kita.

Baca juga ya..
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Karakteristik, Ciri, dan Watak Wirausaha
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Ciri Kewirausahaan
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Sebagai contoh; dua rumah makan di mana masing-masing pemiliknya menggunakan pendekatan dengan cara yang sangat berbeda untuk menarik konsumen.

Seseorang boleh saja memutuskan bahwa rumah makan yang didirikan untuk skala atas dengan kesan yang eksklusif, sedangkan lainnya juga boleh memutuskan bahwa konsumen yang dibidik adalah orang-orang yang menyukai suasana yang terkesan lebih formal dan beranggapan melakukan aktivitas makan malam seperti di rumahnya sendiri.

Sebagai tambahan terhadap analisa yang kita lakukan terhadap konsumen kita dan apa yang mereka inginkan, maka strategi pemasaran kita setidak-tidaknya melibatkan empat komponen, sebagai berikut:
  1. Apa saja produk atau jasa kita?
  2. Mengapa konsumen menginginkan produk atau jasa kita?
  3. Apa yang spesial dari produk atau jasa kita?
  4. Mengapa produk atau jasa kita dinilai lebih baik dari pada produk atau jasa yang serupa yang ada di pasar?


Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Rencana Bisnis"