Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisinis: Pengertian dan Sumber Keuangan Koperasi



Pengertian Koperasi

Menurut UU Pokok Perkoperasian Nomor 12 tahun 1967, Koperasi Indonesia diartikan sebagai organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan-badan hukum. Koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa fungsi Koperasi Indonesia adalah:
  • Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
  • Alat pendemokrasian ekonomi nasional
  • Sebagai salah satu urat nadi perekonomian bangsa Indonesia
  • Alat pembina insan masyarakat untuk memperkokoh kedudukan ekonomi bangsa Indonesia serta dalam mengatur tata laksana perekonomian rakyat. Koperasi dimaksudkan untuk menampung kegiatan perekonomian pada tingkat lapisan bawah yang masih merupakan bagian terbesar dari rakyat Indonesia.

Sumber Keuangan Koperasi

Untuk menjalankan kegiatan koperasi, diperlukan sejumlah modal yang memadai. Modal tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber, yaitu:

Baca juga ya..
Bom Bunuh Diri Terjadi Di Dekat Masjid Nabawi!
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Perusahaan Daerah (PD), Perum, dan Perjan
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Perseroan Terbatas Negara (Persero)
  1. Anggota Koperasi
    Simpanan pokok, yaitu simpanan yang harus dipenuhi oleh setiap orang pada saat mulai menjadi anggota Koperasi, besarnya tetap dan sama untuk setiap anggota.

    Simpanan wajib, yaitu simpanan yang diwajibkan kepada anggota untuk membayar pada waktu tertentu, misalnya sebulan sekali.

    Simpanan sukarela, yaitu simpanan yang besarnya dan waktunya tidak tertentu tergantung pada kerelaan anggota atau perjanjian antara anggota dengan koperasi.
  2. Pinjaman
    Koperasi dapat melakukan peminjaman kepada pihak luar maupun anggota koperasi sendiri apabila modal yang ada dirasakan belum mencukupi.
  3. Hasil Usaha
    Keuntungan yang diperoleh koperasi dari hasil penjualan di atas harga belinya dapat ditanamkan kembali untuk memperbesar volume usahanya. Sumber dana seperti ini disebut hasil usaha.
  4. Penanaman Modal
    Sumber dana dari penanam modal jarang didapat di Indonesia karena banyak usaha lain selain koperasi yang dianggap lebih menarik



Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisinis: Pengertian dan Sumber Keuangan Koperasi"