Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pentingnya Kepuasan Kerja

Tingkat kepuasan kerja
Sejak tahun 1970-an banyak terjadi perubahan sosial yang menimbulkan pernyataan luas bahwa kepuasan kerja sangat menurun. harapan karyawan secara dramantis meningkat. Corak tenaga kerja berubah ketika orang muda, wanita dan golongan minoritas mencuri pekerjaan.

Meskipun harapan tenaga kerja meningkat, kualitas praktek manajemen juga meningkat, sehingga beberapa telah menunjukan bahwa lebih dari 80 persen tenaga kerja masih melaporkan adanya kepuasan kerja.

Kepuasan kerja dan prestasi
Sebagian manajer berasumsi bahwa kepuasan yang tinggi selamanya akan menimbulkan prestasi yang tinggi, tetapi asumsi itu tidak benar. karyawan yang puas boleh jadi adalah karyawan yang memproduksi tinggi, sedang, atau rendah dan mereka akan cenderung meneruskan tingkat prestasi yang menimbulkan keuasan dari mereka.

Hubungan kepuasan-prestasi lebih rumit ketimbang pernyataan sederhana bahwa "kepuasan menimbulkan prestasi".


Pergantian pegawai (turnover)
Kepuasan yang lebih tinggi berkaitan dengan tinggi rendahnya tingkat pergantian pegawai, yaitu proporsi pegawai yang meninggalkan organisasi. Para pegawai yang lebih puas kemungkinan besar lebih lama bertahan dengan majikan mereka.


Baca juga ya..
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia
Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Peranan dan Perubahan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia
Soal dan Jawaban UAS Pengantar Manajemen dan Bisnis 2015/2016

Kemangkiran (absences)
Pegawai yang kurang puas cenderung lebih sering mangkir. Kepuasan kerja mungkin tidak sangat mempengaruhi kemangkiran seperti halnya dengan pengertian, karena sebagain kemangkiran adalah sahih (valid).

Pegawai yang tidak puas tidak harus merencanakan untuk mangkir, tetapi mereka merasa lebih mudah bereaksi terhadap kesempatan untuk melakukan itu.

Semua yang kemangkiran yang tidak sahih itu dapat dikurangi dengan menyediakan berbagai inisiatif yang mendorong pegawai masuk kerja, seperti undian modifikasi perilaku organisasi yang dibahas.

Pencurian
Meskipun banyak sebab yang mendorong pegawai melakukan perbuatan ini, beberapa pegawai mencuri karena putus asa perlakuan organisasi yang dipandang tidak adil. Menurut pegawai tindakan itu dapat dibenarkan sebagai cara membalas perlakuan tidak sehat yang mereka terima dari penyelia.


Tag : PMB
0 Komentar untuk "Materi Kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pentingnya Kepuasan Kerja"