7 Tradisi Yang Bermunculan Menjelang Lebaran

Malem gaes. Tengah malam disini sedang gerimis pasca hujan. Gimana ditempat kalian? Samakah? Ya mau gimanapun cuacanya, semoga selalu sehat ya!

Ane mau menuliskan sebuah artikel di tengah kondisi mata yang sudah semaput tapi masih pengen merilis artikel lagi. Artikelnya tentang tradisi-tradisi yang bermunculan menjelang lebaran.

Ente tau apa saja tradisi-tradisi yang bermunculan menjelang lebaran? Banyak kok, misalnya muncul kue nastar dan opor ayam.

Betul apa betul? Betul..

Terus apa lagi? Banyak.. Nah, ane jabarin nih satu persatu.

1. Kue Nastar

Kue nastar adalah kue kering berbentuk bulat berdiamater kurang lebih 2 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur yang diisi dengan selai buah nanas.

Tau gak kalau Kue Nastar itu asal katanya dari Bahasa Belanda? Yaitu dari kata ananas dan taart.

tradisi menjelang lebaran


2. Ketupat

Ketupat adalah masakan pengganti nasi yang terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa (janur) kemudian ditanak.

Di hari-hari biasa, kita jarang menjumpai ketupat ini. Ketupat akan banyak dijumpai pada saat mendekati hari lebaran. Ketupat sangat cocok dimakan dengan opor ayam atau daging rendang.

tradisi menjelang lebaran

3. Opor Ayam

Opor ayam adalah masakan daging ayam dengan kuah santan yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah. Saat lebaran, opor ayam ini dimakan bersama ketupat. Beeh mantap deh!

tradisi menjelang lebaran

4. THR

THR singkatan dari Tunjangan Hari Raya. Bagi para pekerja, THR itu adalah hal yang paling ditunggu-tunggu menjelang lebaran.

THR merupakan hak bagi para pekerja yang sudah bekerja minimal satu bulan berdasarkan ketentuan Permenaker nomor 6 tahun 2016. Tentu saja dengan uang THR ini dapat membantu memenuhi kebutuhan untuk berlebaran.

tradisi menjelang lebaran

5. Mudik

Sebagian warga di kota bukan merupakan warga asli. Sebagian warganya juga merupakan perantauan dari daerah.

Momen lebaran adalah saat yang paling pas untuk pulang ke kampung halaman. Bertemu dengan orangtua, keluarga, dan sanak saudara. Melepas rindu karena jarang sekali bertemu.

tradisi menjelang lebaran

Baca juga ya..

6. Pakaian Serba Baru

Di momen lebaran banyak yang baru. Mulai dari atas sampai bawah. Peci, kerudung, jilbab, gamis, baju koko. sarung, rok, tas, dompet, sandal, sepatu, dan sebagainya semuanya baru.

Karena di momen lebaran ini akan bertemu dan bersilaturahmi dengan banyak orang, keluarga besar, dan sanak keluarga supaya bisa tampil rapi, bersih, dan tjakep.

Tapi, gak masalah juga meskipun gak baru. Asalkan rapi dan bersih.

tradisi menjelang lebaran

7. Ucapan Maaf dan Selamat Lebaran Merajalela

"Ketika air tak sejernih....", "Ketika tangan tak mampu berjabat....", "Ketika...." dan sejenisnya banyak tersebar di SMS dan chat menjelang lebaran.

Template kata-kata tersebut sudah menjadi tradisi menjelang lebaran tiba. Entah darimana awalnya. Yang jelas, saat menjelang lebaran, siap-siap nomor kamu dikirimi kata-kata tersebut.

tradisi menjelang lebaran

Nah itu dia 7 tradisi yang bermunculan menjelang lebaran tiba. Setiap tahun menjelang lebaran, satu persatu tradisi tersebut akan bermunculan. Ada yang kurang? Ente bisa tambahkan di kolom komentar ya!


Tag : TopList
0 Komentar untuk "7 Tradisi Yang Bermunculan Menjelang Lebaran"