5 Kebiasan Yang Bisa Meningkatkan Metabolisme Tubuh



Helo gaes. Lebaran sudah seminggu yang lalu tapi hawa-nya masih terasa sampai sekarang. Rasanya masih pengen liburan. Oke, artikel kali ini ngomongin soal metabolisme tubuh.

Supaya tubuh kita tetap sehat dan segar bugar atau ingin menurunkan berat badan, hal yang harus kita perhatikan adalah metabolisme tubuh.

Singkatnya, metabolisme tubuh adalah reaksi yang mengurai molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi dan reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul untuk diserap tubuh.

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang baik menyebabkan zat-zat yang terdapat dalam sumber energi (makanan) terurai lalu terserap dengan baik oleh tubuh.

Akibatnya, tubuh menjadi segar dan memiliki energi yang cukup. Biasanya, kalau metabolisme tubuh tidak baik akibatnya adalah peningkatan berat badan dan tubuh terasa lemas.

Terus, gimana caranya meningkatkan metabolisme tubuh? Tenang, ane punya tipsnya. Ini dia 5 kebiasaan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Simak yo!

1. Buat jadwal makan

Makan yang teratur membantu tubuh kita menyerap dan menyimpan energi tersebut secara proporsional. Sehingga tidak ada penumpukan sumber energi.

Kalau frekuensi makan kita berlebih, banyak sumber energi yang akan tersimpan didalam tubuh. Padahal energi yang kita gunakan untuk beraktifitas tidak sebanyak itu.

Kalau frekuensinya kurang, alhasil tubuh kita kekurangan energi untuk beraktifitas. Jadi, kita harus menjadwal makan kita.

2. Perbanyak minum air putih

Asupan cairan yang cukup berkontribusi meningkatkan metabolisme tubuh. Jika tubuh kita kekurangan air, maka tubuh hanya akan membakar sedikit kalori.

Disamping itu, hati (liver) kita berfokus pada pemulihan asupan air dan tidak terlalu memerhatikan pembakaran lemak.

Baca juga ya..
Ini Dia Penampilan Tom Si Kucing Dari Waktu Ke Waktu
3 Aplikasi Android Ini Bisa Bantu Kamu Belajar Bahasa Jepang
7 Tradisi Yang Bermunculan Menjelang Lebaran

3. Lakukan aktifitas jasmani

Banyak aktifitas jasmani seperti; jogging, berjalan kaki, atau berlatih di gym berkontribusi mempercepat proses metabolisme.

Karena dengan melakukan aktifitas jasmani, banyak energi tubuh yang digunakan. Semakin banyak energi yang digunakan, semakin banyak pula sumber energi yang terserap dan terurai menjadi energi. Akibatnya, tidak ada penumpukan sumber energi.

4. Jangan mengurangi asupan karbohidrat

Jangan membebani tubuh kita dengan diet yang mengurangi konsumsi karbohidrat. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh lemas karena kekurangan energi.

Selain itu kita juga tidak dapat berpikir dengan baik. Karbohidrat yang cukup dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh.

5. Jangan banyak ngemil

Ngemil dapat menurunkan efektifitas metabolisme kita. Kenapa? karena sumber energi yang didapat dari makanan sebelumnya belum terurai dan terpakai energinya tetapi bertambah dengan masuknya cemilan.

Sehingga terjadi penumpukan sumber energi. Ini yang dapat menyebabkan berat badan kita naik.

Nah, itu tadi 5 kebiasaan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita. Metabolisme tubuh yang baik membuat kita enak beraktifitas karena badan terasa segar bugar.

Ente punya kebiasaan lain juga yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh? Tambahkan di kolom komentar ya!

sumber: brightside.me



Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "5 Kebiasan Yang Bisa Meningkatkan Metabolisme Tubuh"