5 Karya Anak Bangsa Yang Patut Untuk Dicoba!

5. Kitabisa

Aku bisa, kamu bisa, kita semua bisa!
Buat kamu yang suka terlibat dalam berbagai macam aksi sosial, pasti nama Kitabisa ini udah familiar terdengar.

Yup, Kitabisa adalah situs crowdfunding dari Indonesia yang gunanya untuk ngumpulin dana buat memfasilitasi ide/kegiatan sosial yang ada di seluruh penjuru negeri.


Jadi, kalo kalian misalnya punya ide mau membangun kembali jembatan di desa yang udah lapuk, atau mau membangun rumah belajar yang bagus di lingkungan kumuh supaya anak-anak jalanan bisa belajar lagi, kalian bisa mencari dana untuk mewujudkan ide kalian melalui website Kitabisa ini. 



Udah banyak banget proyek sosial yang dilakukan melalui Kitabisa, di anataranya pemmbangunan gedung anak jalanan Master Depok, pembagian parsel Ramadhan untuk masyarakat mantan penderita kusta di Sitanala, Tangerang, juga pemberdayaan perempuan bersama Dreamdelion Bandung. 

4. ThisAble Enterprise

Thisable Enterprise, yang nama nya berasal dari modifikasi kata "disable" adalah social enterprise yang didirikan oleh wanita muda nan cantik, Angkie Yudistia. Walaupun seorang tuna rungu, Angkie berhasil nyelesain pendidikannya dan menyandang gelar Magister Marketing Communication dari The London School of Public Relations, Jakarta. Widiiiiiih

Buat Angkie, jadi seorang penyandang disabilitas bukanlah suatu penghalang buat mewujudkan mimpi-mimpinya. #azek

Sebagai difabel, Angkie pernah ngerasain bahwa punya kesempatan berkarya itu sulit. Makanya, ia berinisiatif mendirikan ThisAble Enterprise sebagai wadah dimana kaum difabel bisa berkarya dan bisa menciptakan akses bagi para difabel dengan masyarakat umumnya. Biar antara difabel dan masyarakat umum bisa lebih saling berbaur :D

Angkie, berbagi pengetahuan sebagai CEO Thisable Enterprise
Thisable Enterprise punya beberapa visi misi, salah satunya sosial bisnis for society profit yang menangani CSR perusahaan buat anak-anak difabel. Selain itu,  Angkie juga bilang, melalui wadah tersebut, pihaknya bersedia membantu mencari perusahaan yang bisa menerima difabel untuk ditempatkan bekerja.

Angkie percaya bahwa kaum difabel pun berhak dan bisa berkarya seperti masyarakat umum lainnya. Saat ini Thisable Enterprise juga berkembang di bidang produk kecantikan, loh! Nih, beberapa diantaranya : 

Beauty With A Purpose - Body Scrub

Bath Salt from Thisable Enterprise!
Buat produk lengkapnya, cek instagram Beauty Care nya Thisable ya :)


3. KIBAR

Penggiat tech-startup Indonesia mungkin udah nggak asing lagi sama nama yang satu ini. Yup, KIBAR, perusahaan konsultan IT yang juga merupakan "startup incubator" buat para penggiat teknologi di Indonesia. Menjadi satu-satunya perusahaan IT yang tergabung dalam Google Developer Groups (GDG) di Indonesia, KIBAR memiliki tujuan untuk membangun dan meng"inkubasi" startup-startup teknologi di Indonesia sampe akhirnya mereka bisa berdiri sendiri secara mandiri~



Didirikan dan dipimpin oleh Yansen Kamto, awalnya KIBAR hanya memiliki 4 pegawai dan kantor kecil di sebuah foodcourt. Kemudian Yansen mencoba menginspirasi mereka dengan menceritakan mimpi-mimpi KIBAR kepada para pegawai tersebut. Bahkan satu orang pegawainya yang bertahan sudah bisa punya dua perusahaan sendiri. Saat ini KIBAR telah memiliki markas di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

"We produce, mentor, and nurture startups through startup management, tech incubator, and innovation hubs. " kata KIBAR di webnya yang beralamat di www.kibar.id

Salah satu yang unik dari KIBAR adalah markasnya yang anti mainstream. Berbagai macam tulisan seperti "Asumsi Itu Membunuh" atau "Mikir Pake Otak" menghiasi dinding-dindingnya. 





Ada juga ruangan-ruangan yang namanya unik, beberapa diantaranya Ruangan Paskibar — yang diambil dari plesetan 'Paskibra'. Jadi Paskibra itu kan mengibarkan bendera Indonesia, nah kalau Paskibar itu mengibarkan karya dan talenta Indonesia :)

Terus ada lagi yang namanya meja Rujak, terinspirasi dari orang Indonesia yang suka ngumpul-ngumpul buat ngerujak. Yansen bilang, Rujak itu juga menggambarkan perbedaan-perbedaan dari buah-buahnya sehingga bisa menghasilkan rasa yang enak. Jadi ketika di meja rujak itulah mereka bisa kumpul bareng dengan orang-orang yang latar belakangnya berbeda sembari ngobrol dan mikirin bangsa.

2. GDILab

Di era melek teknologi saat ini, apalagi buat kita yang tinggal di ibukota, keberadaan laptop itu ibarat kacang goreng. Ada dimana-mana~

Tapi, dari sekian jutaan orang Indonesia yang punya laptop, dari sekian banyak variasi dan model-model laptop yang biasa dijual di Mangga Dua, brand laptop apa aja sih yang sering orang-orang bicarain lewat Twitter ?



Nah, GDILab sebagai perusahaan IT yang bergerak di bidang Digital Media Analytics mengembangkan sebuah "Smart Machine" yang dikasih nama Genesis Technology.

Smart Machine ini kayak real time analytic yang mampu mengolah big data secara real timesentimen analytic yang mampu memilah orientasi teks bernada positif, negatif atapun netral, auto summary yang dapat menghasilkan intisari dari jutaan text ke dalam sebuah informasi yang lebih ringkas, daan  fortune teller yang dapat memprediksi kejadian yang akan datang berdasarkan data yang ada di masa lalu. Bukan, bukan berdasarkan kenangan yang ada di masa lalu.


Dari hasil analisis tersebut, akhirnya kita jadi tahu, brand apa aja sih yang lagi hot banget di perbincangkan oleh masyarakat Twitter? atau merk apa aja sih yang sering dikomplain sama user-user facebook?

Hal ini penting banget nih buat para business owners supaya mereka jadi bisa lebih tau strategi marketing yang tepat untuk "memunculkan" brand produk masing-masing.

GDILab telah menciptakan beberapa produk selain gnews (twitter search news reader), yaitu: Polaris (twitter-facebook-online media analytics), Iris (instagram analysis), dan CV Creator (CV generator platform)


Keren yaaa :D

Baca juga ya..
Tahun Ajaran 2016/2017 Dimulai, Selamat Tinggal Masa Perpeloncoan
Tragedi Berebut Bangku, Tanda Dimulainya Tahun Ajaran Baru
Tito Karnavian, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Ke-23

1. YesBOSS

Kata siapa para jomblo harus terus menerus merasa sendirian ???  
Kata siapa pengangguran ga bisa punya bawahan??? 
Kata siapa harus punya perusahaan sendiri biar punya asisten pribadi???

Kata Siapa???

Tenang aja, semuanya bisa, bisa dan bisaa~


Dengan YesBOSS, kalian para jomblo ngga harus merasa sepi menyendiri, karena ada YesBOSS yang siap menemani~

Dengan YesBOSS, kalian para pengangguran ngga usah merasa rendahan, karena ada asisten pribadi yang siap membantu segala kebutuhan~

Lah, ini aplikasi apa Toserba? Apa-apa serba bisa?
Lagian, apa sih YesBOSS itu?

Jadi, YesBOSS adalah layanan asisten pribadi berbasis teks yang pertama di Indonesia, dimana kamu bisa melakukan reservasi tiket pesawat, kereta api, bus travel, juga pembelian makanan, minuman, gadget, daaaan berbagai macam barang lainnya.

Gimana sih cara kerjanya?

Nih, gambaran umumnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini :

Tapi jomblo mah ga bisa begini
Jadi intinya sih, kalian tinggal daftarin nomor hape dan email, terus di klik "Saya mau asisten pribadi" nanti di sms tuh sama operatornya buat verifikasi, daaan kalian langsung bisa pake deh asisten pribadi yang bisa disuruh-suruh lewat sms~ hahaha

Ogut udah pernah nyoba dan lumayan lah hasilnya :D

Mesen Travel


Pesen Pizza. Anak kosan mah nyari yang murah~

Terus ya, YesBOSS ini juga termasuk proaktif dan perhatian kalo misalkan kita udah nganggurin dia untuk sekian lama wkwkwk

Perhatian banget kan? wk
Hahaha sms selanjutnya biarlah menjadi misteri~

See? YesBOSS ini berguna banget, apalagi buat mereka yang aktifitas dan mobilitasnya tinggi, menghemat waktu banget banget karena apa yang kita butuhin tinggal sms aja. Ga perlu browsing2 ribet nyari tiket kereta api buat mudik, ga perlu ribet-ribet ke bioskop duluan buat reserve tiket nonton bareng temen-temen, daaaan jugaa ini berguna banget buat mereka yang hatinya rada-rada sepi, biar pas lagi kesepian sendiri, ada yang menemani~ *hahaha* *untung bukan gue*

Gimana? Banyak banget kan karya anak bangsa yang membanggakan dan bermanfaat buat banyak orang?

Sebagai generasi penerus bangsa sudah saatnya kita lanjutkan perjuangan para penegak Indonesia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang merupakan salah satu cita-cita nasional saat Indonesia merdeka 8)

Mari berjuang bersama untuk bangsa :)

Semangat kaka~~






Tag : TopList
0 Komentar untuk "5 Karya Anak Bangsa Yang Patut Untuk Dicoba!"