Quiz 4 Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pendanaan dan Investasi



Soal nomor 1.
Sebutkan dan jelaskan Kreditur Umum yang memberikan pendanaan utang!
Jawaban:
Kreditur umum yang memberikan pendanaan utang, yaitu:
  1. Bank Komersial
    Institusi keuangan yang memperoleh setoran dari berbagai individu dan menggunakan dananya terutama untuk memberikan pinjaman usaha.
  2. Institusi Tabungan
    Institusi keuangan yang memperoleh setoran dari berbagai individu dan menggunkan sebagai dana setoran untuk memberikan pinjaman usaha dan disebut juga sebagai institusi penghematan.
  3. Perusahaan Keuangan
    Perusahaan keuangan yang biasanya mencari dana dengan menerbitkan sekuritas (IUO) dan meminjamkan hampir seluruh dananya ke berbagai perusahaan.
  4. Dana Pensiun
    Menerima kontribusi dari karyawan dan ari perusahaan atas pensiun karyawan dan menginvestasikan hasil pendanaan untuk karyawan sampai dana tersebut dibutuhkan.
  5. Perusahaan Asuransi
    Menerima premi asuransi dari penjualan asuransi kepada pelanggan dan menginvestasikan dana pendapatannya sampai dana dibutuhkan untuk membayar klaim asuransi.
  6. Dana Bersama
    Perusahaan investasi yang menerima dana dari investor individual, kemudian dikumpulkan menjadi satu dan diinvestasikan dalam sekuritas.
Soal nomor 2.
Dari sisi BAPEPAM, reksa dana Indonesia dibagi dalam empat kategori. Sebutkan dan jelaskan!
  1. Reksa Dana Pasar Uang
    Reksa dana pasar uang didefinisikan sebagai reksa dana yang melakukan investasi minimal 80% pada efek pasar uang, misalnya deposito, SBI, dan lainnya. Reksa dana pasar uang sangat cocok untuk investasi jangka pendek (< 1 tahun).
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat utang, misalnya obligasi. Reksa dana pendapatan tetap cocok untuk tujuan investasi jangka menengah dan panjang (> 3 tahun).
  3. Reksa Dana Saham
    Reksa dana saham adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Reksa dana saham merupakan alternatif menarik untuk investasi jangka panjang.
  4. Reksa Dana Campuran
    Reksan dana saham adalah reksa dana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek utang yang perbandingannya (alokasi) tidak termasuk dalam kategori reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.



Tag : PMB
0 Komentar untuk "Quiz 4 Pengantar Manajemen dan Bisnis: Pendanaan dan Investasi"