Quiz 3 Pengantar Manajemen dan Bisnis: Lingkup Manajemen Operasional

Soal nomor 1.
Jelaskan pengertian pengendalian, kualitas, dan pengendalian kualitas!
Jawaban:
  • Pengertian Pengendalian
    Pengendalian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjamin agar kegiatan produksi dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
  • Pengertian Kualitas
    Kualitas merupakan suatu tingkatan spesifikasi produk yang dapat memuaskan konsumen dan hasil produksi sesuai dengan standar produksi yang telah ditetapkan.
  • Pengertian Pengendalian Kualitas
    Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas manajemen perusahaan untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk dan jasa perusahaan dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncakan, sehingga produk atau jasa yang dihasilkan dapat memenuhi kepuasan konsumen.

Baca juga ya..

Soal nomor 2.
Apa saja bidang kegiatan yang masih memerlukan keahlian manajemen operasional?
Jawaban:
Bidang kegiatan yang masih memerlukan keahlian manajemen operasional, yaitu:
  1. Manajer Pabrik (Plant Manager)
    Biasanya harus berpengalaman dalam manajemen pabrik termasuk keahlian dibidang perencanaan produksi, manajemen pembelian, manajemen persediaan, termasuk pula pengelolaan karyawan di operasional maupun pengelolaan sumber daya lainnya yang dipergunakan  di pabrik.
  2. Pembelian (Directior of Purchasing)
    Harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai fungsi pembelian, kemampuan menelaah program penjualan, mengintegrasikan atau membuat keterkaitan dari supplier sampai distributor, dan mengoordinasi aktifitas operasi.
  3. Manajer Mutu (Quality Manager)
    Harus mempunyai pandangan yang luas mengenai konsep statistik untuk dapat melakukan pengawasan semua aspek operasional karena kualitas merupakan tanggungjawab secara bersama diantara semua pihak yang terlibat dalam perusahaan terutama fungsi operasional.
  4. Konsultan Perbaikan Proses (Process Improvement Consultacts)
    Harus memiliki keahlian yang berkaitan dengan desain proses sehingga dapat memberikan berbagai konsultasi mengenai perbaikan proses untuk operasi perusahaan.
  5. Manajer dan Perencana Rantai Pasokan (Supply Chain Manager and Planner)
    Bertanggungjawab mengenai negosiasi kontrak jangka panjang antara perusahaan dengan supplier maupun distributor sehingga harus mempunyai keahlian tentang material requirement planning, supply chain management, teknologi komunikasi canggih dalam dunia bisnis, dan konsep penjadwalan dan persediaan.



Tag : PMB
0 Komentar untuk "Quiz 3 Pengantar Manajemen dan Bisnis: Lingkup Manajemen Operasional"