Ini Dia 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh




Alhamdulillah kita masih diberi nikmat oleh Allah subhanahu wa ta’ala sehingga dapat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun 2016 Masehi atau 1437 Hijriyah. Dibalik ibadah puasa ini ternyata banyak manfaat bagi rohani dan jasmani kita.

Dengan berpuasa, kita akan mendapat 4 manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Ini dia 4 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

1. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan Yang Selalu Bekerja Keras

Selama diluar bulan puasa, sistem pencernaan kita harus bekerja keras karena harus mencerna banyaknya makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Berpuasa dapat mengistirahatkan sistem pencernaan karena dengannya, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Sehingga pencernaan makanan dapat lebih optimal.

2. Membantu Proses Detoksifikasi Pada Tubuh

Racun dapat masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan berpuasa, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh berkurang sehingga racun yang masuk pun juga berkurang.

Oleh karena itu, kerja sistem pencernaan mejadi lebih ringan sehingga kinerjanya lebih optimal. Disamping itu, proses detoksifikasi atau penetralan/pembuangan racun yang ada dalam tubuh terbantu.

3. Mengurangi Kadar Gula dan Kolesterol Yang Berlebih

Diluar bulan puasa, segala jenis makanan dan minuman kita konsumsi. Mulai dari yang manis, pedas, hingga berlemak. Akibatnya, kadar gula dan kolesterol meningkat.

Puasa dapat mengurangi kadar gula dan kolesterol karena makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi berkurang. Tentu saja dibarengi dengan makanan dan minuman yang sehat saat sahur dan berbuka.

4. Mengurangi Berat Badan Yang Berlebih

Saat berpuasa, kita gak makan, minum, dan ngemil di waktu matahari bersinar. Kita baru boleh makan, minum, dan ngemil saat matahari tenggelam (waktu berbuka).

Dengan begitu, makanan, minuman, dan cemilan yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang. Tubuh menggunakan sumber energi cadangan (lemak) untuk menghasilkan energi agar kita dapat beraktifitas seperti biasanya.

Lemak yang sudah terbakar menjadi energi berakibat pada berkurangnya berat badan walaupun gak signifikan. Perlu dibarengi juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Nah itu tadi 4 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Tetap semangat menjalani aktifitas meskipun sedang berpuasa. Kalau ada yang ingin kamu tambahkan, jangan sungkan untuk menambahkan di kolom komentar ya!

sumber: https://www.rumahzakat.org, http://blog.lazada.co.id/.



Tag : TopList
0 Komentar untuk "Ini Dia 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh"