4 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Bersahur



Bersahur merupakan kegiatan makan pagi sebelum shubuh yang dilakukan saat akan menjalani ibadah puasa, baik puasa sunnah maupun puasa ramadhan.

Ini juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam. Selain itu, ada keberkahan juga saat makan sahur.

hal yang harus dihindarkan saat sahur

Agar tubuh kita segar dan lebih bersemangat saat berpuasa, kita harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur.

Pilih makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, seperti; air putih, buah-buahan, sayur-sayuran, lauk, dan sumber karbohidrat.

Disamping itu, ada 4 hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat bersahur.

1. Makan dan Minum Yang Berlebih

hal yang harus dihindarkan saat sahur

Hindari makan dan minum yang berlebih. Jangan mentang-mentang kita akan berpuasa seharian, semua makanan dan minuman yang ada dihadapan disikat habis.

Jika kita berlebihan makan dan minum, kita akan kekenyangan yang akan berakibat tubuh menjadi berat dan malas untuk digerakkan.

Bahayanya lagi kalau sampai ketiduran, shalat shubuhnya jadi kesiangan. Jadi makan dan minum secukupnya aja.

2. Menu Sahur Yang Dimasak dengan Digoreng

hal yang harus dihindarkan saat sahur

Setelah mengonsumi makanan yang dimasak dengan digoreng kita akan cepat merasa haus. Makanan yang dimasak dengan digoreng juga menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Akibatnya adalah kita akan merasa ngantuk sepanjang hari.

3. Memakan Makanan Yang Manis

hal yang harus dihindarkan saat sahur

Makanan yang mengandung banyak gula membuat tubuh bereaksi melepaskan hormon insulin dengan cepat.

Hormon insulin membantu menyimpan kelebihan gula di liver dan melepaskannya ketika kadar gula darah sedang turun atau saat tubuh membutuhkan gula lebih.

Akibatnya, tubuh akan meminta asupan energi baru untuk melepaskan hormon insulin sehingga kita akan cepat merasa lapar.

Baca juga ya..

4. Makan Sahur Diawal Waktu

hal yang harus dihindarkan saat sahur

Sebaiknya tidak makan sahur di awal waktu, misalnya di jam 2 sampai 3. Tapi makanlah sahur menjelang di akhir waktu sahur.

Sekitar jam 4 (tergantung waktu daerah masing-masing). Kira-kira 30 menit sebelum waktu shubuh. Dengan begitu, kita dapat menghindari makan berlebih saat sahur.

Mengakhirkan sahur juga termasuk salah satu sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam.

Selesai sudah 4 hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat bersahur. Dengan sahur sehat, insyaa Allah tubuh terasa segar dan lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. Kamu mau menambahkan? Tulis di kolom komentar ya!

sumber: http://lifestyle.okezone.com/, http://news.mypangandaran.com/, http://www.darussalaf.or.id/, http://www.pesona.co.id/, https://www.deherba.com/.



Tag : TipsTrick
0 Komentar untuk "4 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Bersahur"