CatKul Dasar Pemrograman: Pengertian Flowchart dan Simbol-Simbol Flowchart




Hay tjoy ! Tulisan kali ini tentang flowchart. Flowchart dapat diartikan sebagai gambaran dalam bentuk simbol tertentu dari suatu bisnis proses sebuah sistem. Menurut materi yang Ogut dapat dari kampus, ada dua definisi flowchart. Definisi kamus dan definisi teknis.

Definisi atau Pengertian Flowchart

Definisi kamusnya adalah sebuah representasi skematis dari urutan operasi, seperti dalam proses manufaktur atau program komputer. Definisi teknisnya yaitu sebuah representasi grafis dari urutan operasi dalam suatu sistem informasi atau program.

Flowchart sistem informasi menunjukkan bagaimana data mengalir dari dokumen sumber melalui komputer untuk distribusi akhir kepada pengguna. Flowchart program menunjukkan urutan instruksi dalam satu program atau subrutine.

Jadi dengan adanya flowchart, kita dapat mengetahui urutan proses suatu sistem operasi secara jelas. Dari flowchart ini juga sebagai dasar kita untuk membuat atau ngoding program.

Baca juga ya..
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Legon Pari Sawarna
CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi, Struktur Dasar, dan Bentuk Penulisan Algoritma
CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi Pemrograman & Logika Pemecahan Masalah

Simbol-Simbol Flowchart

Simbol yang diterapkan dalam flowchart jumlahnya banyak. Namun yang kita bahas disini hanya empat saja. Dengan susunan ke empat simbol ini kita sudah bisa membuat satu flowchart urutan sistem operasi. Ke empat simbol tersebut, yaitu terminator, process, decision, dan input/output.

Simbol terminator mengartikan awalan atau akhiran suatu program. Saat memulai menggambarkan flowchart suatu sistem operasi, simbol inilah yang pertama kali digambar. Simbol ini juga menjadi penutup urutan suatu sistem operasi pada flowchart.

Simbol process menggambarkan proses-proses yang ada dalam sistem operasi. Seperti proses aritmatika misalnya.

Simbol decision menggambarkan percabangan dari akibat suatu kondisi dalam sistem operasi. Kondisi tersebut menghasilkan dua percabangan, yaitu kondisi YA dan kondisi TIDAK. Masing-masing akan mengarahkan ke urutan selanjutnya.

Simbol input/ouput ini menggambarkan input yang ada dalam sistem operasi jika posisinya di awal flowchart. Jika posisinya di akhir flowchart, ia menggambarkan output dari sistem operasi.

Dengan ke empat simbol tersebut kita sudah bisa membuat flowchart sederhana. Dimulai dari input, lalu process kemudian decision dan terakhir output-nya. Kalau ada yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar ya. 



0 Komentar untuk "CatKul Dasar Pemrograman: Pengertian Flowchart dan Simbol-Simbol Flowchart"