CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi, Struktur Dasar, dan Bentuk Penulisan Algoritma




Postingan sebelumnya ane menulis terminologi pemrograman dan logika pemecahan masalah. Mata kuliahnya yaitu dasar pemrograman. Masih dalam mata kuliah yang sama, kali ini ane ceritakan seputar algoritma. Mulai dari terminologinya, struktur dasarnya, sampai bentuk penulisannya.

Terminologi Algoritma

Istilah algoritma ini memang gak asing di kalangan praktisi IT khususnya developer. Lalu apa sih yang dinamakan dengan algoritma itu?

Sederhananya, algoritma merupakan serangkaian instruksi yang dibatasi untuk memecahkan suatu masalah. Ada empat instruksi dalam algoritma, yaitu: input, simpan, process, dan output.

Instruksi input untuk mendapatkan data. Instruksi simpan untuk menyimpan informasi. Instruksi process untuk mengolah data dari input. Instruksi output untuk mengeluarkan informasi dari data yang di proses.

Struktur Dasar Algoritma

Struktur dasar algoritma terdiri dari enam bagian. Bagian pertama mendefinisikan nama algoritma. Bagian kedua mendefinisikan setiap input.

Bagian ketiga mendefinisikan setiap output. Bagian keempat mendefinisikan variabel perantara.

Bagian kelima medefinisikan gabungan dari ketiga bagian sebelumnya. Bagian terakhir yaitu mendefinisikan langkah pemecahan masalah.

Bagian pertama kita mendefinisikan nama algoritmanya. Nama algoritma ini biasanya sesuai dengan fungsi dari algoritma itu sendiri.

Misalnya kita membuat algoritma penjumlahan dari tiga nilai, maka nama algoritmanya adalah SUM3, bisa juga JUMLAH3. Penamaan bisa disesuaikan dengan keinginan. Syntax atau aturan penulisannya adalah NAME : SUM3.

Bagian kedua kita mendefinisikan nilai input ke dalam variabel. Variabel adalah tempat untuk menampung nilai hasil input.

Baca juga ya..
CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi Pemrograman & Logika Pemecahan Masalah
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Dua
Ane Jalan-Jalan ke Pantai Pasir Putih Sawarna Naik Motor Part Satu

Misalnya variabel untuk menampung nilai pertama adalah N1, variabel untuk menampung nilai kedua adalah N3, variabel untuk menampung nilai ketiga adalah N3, dan seterusnya. Syntax atau aturan penulisannya adalah GIVENS : NI, N2, N3.

Bagian ketiga kita mendefinisikan nilai output ke dalam variabel. Misalnya variabel TOTAL. Syntax atau aturan penulisannya adalah RESULTS : TOTAL.

Bagian keempat kita mendefiniskan variabel perantara. Variabel ini berfungsi sebagai tempat menampung nilai yang didapat dari variabel sebelumnya dan akan digunakan kembali untuk variabel baru tetapi variabel sebelumnya terjadi perubahan nilai. Syntax atau aturan penulisannya adalah INTERMEDIATES : TEMP/NONE. Jika tidak menggunakan variabel perantara, isi dengan NONE atau bisa juga dengan tidak menuliskan syntax-nya.

Bagian kelima kita mendefinisikan gabungan dari ketiga bagian sebelumnya. Syntax atau aturan penulisannya adalah DEFINITION : TOTAL := SUM3(N1, N2, N3).

Bagian terakhir kita mendefiniskan langkah pemecahan masalahnya. Di bagian ini dijabarkan satu persatu dari input, process, kemudian output. Syntax atau aturan penulisannya adalah METHOD : {{LANGKAH INPUT, PROSES, KEMUDIAN OUTPUT}}.

Bentuk Penulisan Algoritma

Bentuk penulisan algoritmma berdasarkan pada struktur algoritmanya, mulai dari bagian pertama sampai bagian keenam. Dari permisalan pada setiap struktur di atas, bentuk penulisan algoritmanya seperti gambar berikut.


Okay, selesai sudah cerita ane seputar algoritma. Mulai dari terminologinya, struktur dasarnya, dan yang terakhir yaitu bentuk penulisannya.



0 Komentar untuk "CatKul Dasar Pemrograman: Terminologi, Struktur Dasar, dan Bentuk Penulisan Algoritma"